Hewan

Macam Pakan Kelinci Agar Cepat Gemuk

Pakan merupakan hal yang paling penting yang harus diperhatikan ketika memelihara kelinci seperti kelinci german giant. Dengan pemilihan pakan yang baik tentu saja tumbuh kembang kelinci juga lebih baik. Kelinci sendiri merupakan hewan herbivora yang memakan segala jenis tumbuhan.

Ada dua jenis pakan kelinci bikin gemuk yaitu pakan buatan dan pakan alami. Pakan buatan biasanya berbentuk pelet yang bisa kamu temukan di pasaran penjual pakan ternak. Untuk pakan alami biasanya berupa rumput-rumputan atau dedaunan.

Pemberian pakan yang alami memang lebih murah sebab pemilihan pakan alami kita hanya mencari rerumputan dan tidak perlu membelinya. Di bawah ini ada beberapa macam pakan kelinci bikin gemuk yang bisa kamu coba.

1.       Kangkung

Kangkung merupakan makanan yang sangat disukai kelinci. Di dalam kangkung memiliki kandungan air yang tinggi, maka sebaiknya memberikan kelinci makan kangkung yang layu. Tetapi sebaiknya jangan terlalu sering kelinci diberikan pakan kangkung sebaiknya pakan jenis ini diberikan untuk selingan saja.

2.       Rumput legetan

Rumput jenis ini adalah pakan yang juga disukai oleh kelinci. Selain itu kandungan di dalam rumput legetan juga baik untuk pencernaan kelinci. Pemberian pakan ini juga aman untuk kelinci yang masih kecil dan tidak perlu khawatir dengan masalah pencernaan. Rumput jenis ini juga mudah dijumpai di kebun-kebun.

3.       Sintrong

Sintrong juga salah satu jenis rumput yang bagus untuk pakan kelinci. Sebaiknya memberikan pakan rumput ini jika sudah dalam keadaan layu, sebab ada kandungan getah yang tidak bagus untuk pencernaan kelinci. Selain hal itu jenis rumput ini juga bisa diberikan pada ternak lainnya selain kelinci.

4.       Bandotan

Jenis rumput ini juga sering kita jumpai di area kebun-kebun. Biasanya rumput ini dikategorikan sebagai gulma dan tidak bagus buat tanaman. Tetapi rumput jenis ini bagus untuk pakan kelinci sebab memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat membuat pencernaan kelinci menjadi sehat. Tetapi untuk memberi pakan rumput ini sebaiknya dicampurkan dengan rumput lainnya.

5.       Daun ubi

Daun ubi merupakan pakan yang disukai oleh kelinci. Tetapi sebaiknya berikan pakan jenis ini saat sudah layu. Sama halnya dengan kangkung ini bertujuan untuk menurunkan kandungan air yang ada di dalamnya. Jika diberikan saat masih segar akan dikhawatirkan kelinci mengalami masalah pencernaan seperti diare. Sebab kandungan air yang tinggi membuat kelinci mengalami kembung dan diare.

You might also like

%d bloggers like this: