Teknologi

Yuk Ketahui Perbedaan Router OS dan Board Mikrotik

Perlu kamu tahu bahwa pada dasarnya setiap perangkat membutuhkan sebuah sistem operasi untuk keperluan networking misalnya seperti switching, routing, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini salah satu tipe sistem operasi yang sering dipakai oleh perusahaan pada bidang jaringan internet yaitu mikrotik, tetapi ada beberapa perbedaan yang ada antara router OS dan router board mikrotik.

Setiap router tentu saja mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu, kedua router ini juga mempunyai kelebihan dan juga kekurangan yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu memilih untuk memutuskan untuk menggynakan mikrotik.

Hal ini tentu saja merupakan sebuah hal yang sangat penting, karena berhubungan dengan kelancaran jaringan dan juga operasional yang ada di perusahaan. Oke langsung saja kita akan membahas secara lengkap tentang perbedaan antara router OS dan board mikrotik.

Apa Itu Router OS?

Pada dasarnya router OS ini adalah salah satu jenis dari sistem operasi yang ada pada mikrotik dengan dasar atau basis UNIX. Apabila kamu menggunakan jenis router ini, maka perangkat yang kamu gunakan akan bisa mempunyai beberapa kemampuan.

Bukan hanya sekedar sebagai penyambung internet saja, tetapi kamu juga bisa menggunakannya sebagai firewall, router, hotspot, proxy, dan lain sebagainya.

Para pengguna juga sudah disediakan sistem operasi mikrotik secara langsung yang ada pada router OS ini. Hal yang paling menarik dari router OS ini adalah pengoperasioannya yang cenderung lebih ringan.

Kamu tidak perlu membutuhkan perangkat hardware dengan spesifikasi yang sangat tinggi untuk bisa mengoperasikan router OS ini dengan baik.

Pada dasarnya OS ini juga bisa dikategorikan murah dan lebih terjangkau harganya karena sistem operasi ini dibangun dengan menggunakan linux yang kita tahu bahwa sifat dari linux ini adalah open source artinya gratis.

Apabila kamu ingin mengetahui informasi yang lebih banyak tentang router, maka kamu bisa berkunjung ke website routerku.com. Hal ini karena website ini merupakan salah satu website yang membahas tentang router terbaik saat ini.

Apa Itu Router Board Mikrotik?

Pada dasarnya router board mikrotik adalah suatu jenis mikrotik yang memakai perangkat keras supaya suatu mikrotik bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Tetapi, di dalam router board mikrotik ini terpasang sebuah sistem operasi yang sama seperti yang terpasang di dalam router OS.

Cara menggunakan router board mikrotik juga sangat mudah sama seperti menggunakan perangkat komputer pada umumnya.

Di dalam router board mikrotik ini tentu saja terdapat RAM, Processor, ROM, dan juga memory flash. Ada banyak sekali jenis arsitektur, jenis interface, jumlah interface, dan juga model yang bisa kamu pilih.

Oleh karena itu, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki. Salah satu kelebihan yang dimiliki dari jenis router ini adalah mempunyai bentuk yang praktis dan mudah untuk dibawa kemana saja khususnya jenis RB750.

Kelebihan lainnya, yaitu router ini dapat meminimalisir terjadinya bad sector atau corrupt. Hal ini bisa dilakukan karena sistem operasi ini tidak mengandalkan hard disk.

%d bloggers like this: