Berkebun

Waktu Pengairan Padi yang Ideal

Padi merupakan salah satu bahan pokok yang paling penting, oleh karena itu dalam penanamannya tidak boleh sampai ada yang salah atau jika tidak proses panen akan gagal. Maka dari itu, Anda perlu membaca ulasan tentang waktu pengairan padi yang ideal.

Waktu Pengairan Padi yang Ideal

Pengairan atau biasanya disebut dengan intermitten ialah pengaturan kondisi lahan yang dalam kondisi kering serta tergenang. Hal ini digunakan untuk dapat menghemat air irigasi, memberi akar agar  mendapatkan udara, mencegah keracunan besi dan lain-lain.

Pengairan Padi yang Ideal

Salah satu manfaat pengairan berselang dapat memberikan kesempatan akar agar dapat berkembang lebih baik lagi. Pengairan ini juga bisa mengurangi kerebahan, dapat mengaktifkan jasad renik mikroba serta mengurangi jumlah anakan yang tak produktif. Dalam proses pengairan berselang ini sangat bergantung pada jenis tanahnya terutama yang tak tahan pada air dan jenis tanah berat, jika pengairan tersebut telah ditetapkan akan dilakukan tiap tiga hari maka pola pengairan yang telah ada ini cukup diikuti saja.

Cara Pengairan Berselang

Selanjutnya cara pengairan berselang, langkah pertama adalah menanam bibit, secara bertahap tanah akan diairi sekitar 2 sampai 5 cm hingga tanamannya berumur sepuluh hari, lalu biarkan sawahnya mengering sendiri, setelah tanahnya retak, sawah diairi kembali setinggi lima cm.

Pengairan berselang ini sangat diperlukan kapan pengaturan lahan dapat digenangi serta dikeringkan. Cukup ulangi langkah di atas hingga tanamannya masuk pada proses pembungaan. setelah fase pembungaan keluar 10 hari sebelum panen, maka lahan akan terus diairi 5 cm.

Pentingnya Irigasi Berselang

Pengairan atau irigasi ini merupakan kunci utama yang sangat penting dilakukan dalam membudidayakan padi. Baik atau tidaknya kualitas padi, itu semua bergantung pada cara mengatur dan juga mengelola air irigasi tersebut.

Dengan dapat memahami hal tersebut di atas, diharapkan untuk para petani agar dapat menghemat penggunaan air serta melakukan pengairan secara baik dan tepat. Oleh karena itu, mereka mengusahakan untuk melakukan pengairan intermitten.

 

Seperti itulah pembahasan terkait waktu pengairan padi yang ideal yang dilakukan dengan cara pengairan intermitten. Dengan penjelasan pada artikel di atas, diharapkan untuk para petani bisa menghemat persediaan air.

Sumber: https://www.kebun.co.id/

Tags