blog
Internet

Tools Riset keyword yang dibutuhakan seorang Blogger

Menjadi seorang blogger adalah sesuatu yang menyenangkan jika kamu tau ilmunya. Tau kenapa? karena dari blogger kamu bisa mendapatkan minimal 3 manfaat. Pertama menyalurkan hobi sebagai penulis atau konten kreator. Kedua, mendapatkan pundi-pundi rupiah dari iklan. Ketiga, bisa menjadi amal jariyah karena ikut berpartisipasi memberikan informasi yang bermanfaat kepada banyak orang.

blog

Ketiga manfaat di atas bisa kamu dapatkan dengan syarat konten atau artikel yang kamu produksi bukan copas, plagiat, atau membahas hal-hal yang tidak penting.

Nah.. untuk itu kamu perlu yang namanya tools atau alat untuk riset kata kunci (keyword), berikut beberapa rekomendasi tools yang pernah saya coba dan masih saya gunakan hingga saat ini.

Ahrefs

Tools riset keyword pertama adalah ahrefs, melalui tools ini kamu bisa mendapatkan ribuaan ide kata kunci yang nantinya bisa dijadikan bahan untuk menulis. Tidak hanya ide saja, tetapi juga dilengkapi dengan komponen data lain seperti volume pencarian per bulan, tingkat kesulitan keyword, hingga CPC juga ditampilkan disana.

Tools ini harganya cukup mahal, paket paling murahnya harga $99 per bulan atau setara dengan Rp. 1,4 juta selama 1 bulan.

Untuk pemula ada paket trialnya seharga $7 atau setara dengan Rp. 100.000, dan bisa digunakan selama 7 hari.

Berdasarkan pengalaman, 7 hari adalah waktu yang cukup banyak untuk melakukan riset dengan ahrefs. Kumpulkan keyword sebanyak-banyaknya dalam waktu 7 hari itu. Kemudian sortir dan kelompokan sesuai dengan tingkat kesulitannya. Terakhir, buat artikel yang berkualitas berdasarkan riset yang telah dilakukan.

Gabungan Keywords Everywhere dan Keyword Planner

Tools kedua yang saya gunakan hingga saat ini adalah gabungan antara keywords everywhere dengan keyword planner.

Keyword planner aplikasi milik google yang bisa kamu dapatkan secara gratis dengan cara membuat akun google (membuat email gmail). Bagi yang sudah punya email, berarti tinggal login saja di halaman Keyword planner.

Sedangkan Keywords everywhere merupakan aplikasi berbentuk Add-on yang terpasang di browser chrome atau firefox. (saya menggunakan chrome).

Kenapa harus digabungkan?

Ini cara saya saja sih.. untuk melihat seberapa akurat data yang ditampilkan dalam satu bulan, tentu rujukan utamanya tools milik google sendiri kan, bukan tools pihak lain.

Nah.. jika kamu membuka Keyword Planner tanpa menggabungkan Keywords Everywhere, maka data yang ditampilkan hanya rentang antara. Spesifiknya tidak tau berapa volume pencarian dalam satu bulan.

Dengan menggabungkan tools Keywords Everywhere, data yang ditampilkan akan lebih lengkap dan sejajar dengan data Keyword Planner.

Dalam hal volume pencarian, menurut saya, data yang diberikan keyword planner lebih akurat ketimbang data dari tools ahrefs.

Demikian informasi tentang tools riset keyword yang dibutuhkan seorang blogger, semoga bermanfaat ya… kunjungi juga kangmasian, blog yang membahas seputar tekno dan bisnis.

Tags
%d bloggers like this: