Tips

Tips Menagih Piutang Macet pada Usaha Sprei atau Bedcover

Dalam usaha atau bisnis, piutang macet bisa mengganggu roda bisnis sehingga memperlambat kelancarannya. Tidak terkecuali pada usaha sprei atau bedcover, sebaiknya Anda meminimalisir tagihan piutang.

Biasanya cash flow atau arus kas menjadi tersendat akibat piutang macet, padahal dalam sebuah usaha ada istilah cash flow is the king. Ketika kas masuk tidak berjalan lancar, maka proses bisnis bisa mengalami gangguan.

Gangguan bisa terjadi mulai dari tidak tersedianya bahan baku, sulit membayar tagihan operasional seperti listrik, gaji, dan beberapa gangguan lainnya. Untuk itu perlu cara yang tepat agar bisa menangani piutang macet yang terjadi selama ini.

Mengapa Terjadi Piutang Macet pada Usaha Sprei atau Bedcover?

Piutang macet bisa mengakibatkan piutang tak tertagih, piutang yang tak terbayar oleh debitur ini bisa dikarenakan berbagai alasan, diantaranya bangkrut.

Tapi apakah bangkrut menjadi satu-satunya alasan? Bisa jadi sisi lain yakni moral debiturnya yang tidak memperhatikan piutang tersebut. Artinya tidak memiliki itikad baik untuk melakukan pembayaran.

Apakah jualannya sedang menurun? Atau malah faktor teknis lainnya?

Biasanya piutang pada jenis usaha sprei ini lebih berkaitan di tenaga penjualnya seperti reseller atau toko yang menunggak pembayaran. Di sisi lain, faktor moral debitur sangat menentukan, terlebih reseller atau toko yang nakal.

Cara menagih piutang bisa dimulai dari proses mediasi antara pemilik usaha dengan debitur. Menagih dengan cara mediasi biasanya memerlukan proses panjang, bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama karena tidak akan kembali dengan cepat.

Jika penghutang memiliki itikad baik dengan keinginan untuk membayar hutang, namun terkendala kondisi keuangannya, maka tawarkan keringanan. Keringanannya bisa berupa piutang yang dicicil atau diganti oleh aset yang dimilikinya.

Bagaimana jika penghutang tidak memiliki itikad baik? Meskipun sudah ditawarkan keringanan. Maka proses yang ditempuh mungkin bisa diselesaikan melalui pengadilan agar mendapatkan bantuan hukum, cara ini merupakan cara terakhir.

Jika beberapa pelanggan membandel ketika melakukan pesanan, sebaiknya batasi jumlah pembelian secara kredit. Atau bisa juga dengan menaikkan harga agar kerugian dari proses piutang itu tetap tercover dengan baik.

Sebisa mungkin menghindari piutang macet untuk usaha jual sprei murah agar arus kas tetap lancar, perkembangan usaha juga tidak terganggu.

%d bloggers like this: