karpet masjid
Tips

Tips Membersihkan dan Merawat Karpet

Pilihan terbaik dalam membersihkan karpet adalah dengan menyewa jasa pembersihan karpet profesional, dan tentunya Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk melakukan hal ini. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat biaya pembersihan karpet, diantaranya dengan melakukan sendiri pembersihan ringan secara teratur. Pembersihan ringan secara teratur disamping membersihkan karpet dari kotoran ringan, juga dapat meningkatkan lingkungan yang lebih sehat didalam ruangan.

Merawat karpet mungkin tampak sulit, terutama jika Anda memiliki anak dan hewan peliharaan, karena mereka lebih sering mengotori dan menumpahkan minuman. Untuk memperpanjang umur karpet Anda dan menghindari kerusakan dini, bersihkan karpet Anda dengan vakum setidaknya tiga kali seminggu, dengan fokus pada area di mana lalu lintas padat terjadi.

Saat melakukan pembersihan, vakum area karpet tersebut beberapa kali ke arah yang berbeda. Ini akan memastikan bahwa kotoran yang tertanam di dasar karpet dapat diserap dan dihilangkan oleh penyedot debu. Sangat membantu untuk memeriksa penyedot debu Anda dan melihat apakah ia memiliki sertifikasi mesin standar penyedot debu, hal ini untuk memastikan bahwa mesin tersebut dapat membersihkan karpet Anda lebih efektif.

karpet masjid

Di area dimana karpet tersebut sering dilalui, yang terbaik adalah memiliki kain lap penyerap yang dapat memperlambat proses kerusakan akibat lembab atau basah. Memindahkan perabotan juga membantu untuk memecah efek lalu lalang yang padat secara merata didalam ruangan. Umumnya, ini akan memperindah tampilan ruangan secara keseluruhan, karena dapat menutupi area yang sudah usang. Lagi pula, area tersebut mungkin sudah tidak terlihat sebersih yang seharusnya meski sudah dibersihkan. Hal ini bisa terjadi karena karpet sudah mengalami kerusakan.

Jika kotoran adalah suatu masalah, maka noda juga merupakan suatu masalah. Dan hal yang paling membantu dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan menyediakan kain penyerap di sekitar rumah Anda, terutama dimana makanan dan minuman bisa tumpah. Sediakan kain penyerap di bawah atau samping meja diruang tamu Anda, di mana kemungkinan tumpahnya makanan atau minuman biasa terjadi, terutama saat ada tamu. Ini akan membantu Anda menghilangkan noda dengan cepat saat terjadi tumpahan. Untuk pembersihan dan perawatan karpet dengan cepat, blok area tersebut sehingga proses penyerapan tumpahan makanan dan minuman dapat lebih maksimal.

Pembersihan karpet bisa menjadi lebih mudah atau lebih sulit dilakukan, tergantung pada jenis bahan baku karpet Anda. Serat sintetis lebih mudah dibersihkan, dan lebih tahan air. Hal yang sama berlaku untuk bahan baku akrilik dan nilon. Sedangkan wol mudah menyerap air sehingga hindari terjadinya tumpahan makanan dan minuman diatas karpet ini. Proses bagaimana karpet diproduksi juga menentukan, apakah noda permukaan dapat diserap dengan mudah saat dibersihkan atau tidak. Karpet yang dianyam rapat hanya akan meninggalkan noda di permukaan, dan hal ini dapat menghindari merembesnya dan mengendapnya kotoran di dasar karpet.

Selain menjaga karpet dari kotoran dan noda, desinfektan dan penghilang bau juga merupakan bagian dari proses pembersihan karpet. Ada disinfektan karpet yang tersedia di pasaran untuk menghindari tumbuhnya jamur dan lumut, dan mengurangi bakteri terutama di area yang terdapat noda dan kotoran. Pada saat yang sama, pewanginya membantu menghilangkan bau yang tidak diinginkan dari karpet yang kotor. Ini sangat membantu terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan yang sering berlarian di sekitar rumah dengan kakinya yang kotor.

Pilihan yang lebih organik untuk mengurangi bau adalah menggunakan baking soda. Taburkan secukupnya diatas permukaan karpet Anda, lalu diamkan sebentar sebelum dibersihkan. Selain itu, untuk mengurangi noda dan bau saat membersihkan karpet, gunakan penghambat tanah untuk perlindungan. Ini juga bisa dilakukan untuk karpet baru agar kotoran dapat segera dibersihkan.

Untuk mendapatkan penawaran harga terbaik untuk kebutuhan karpet masjid dan karpet masjid turki Anda, dapat mengunjungi: https://planetkarpet.com/karpet-masjid/

%d bloggers like this: