Lingkungan

Sering Digunakan Sekali Pakai, Jenis Sampah Ini Akan Menumpuk Setelah Pandemi

Sampai saat ini seluruh dunia sedang menghadapi satu masalah yang sama. Ya, masalahnya ialah pandemi virus corona yang sudah berhasil merenggut banyak nyawa dan membuat masyarakat berdiam diri dalam rumah.

Semenjak kemunculan virus corona, masalah demi masalah baru terus bermunculan. Termasuk masalah lingkungan, ada beberapa barang yang digunakan dan berakhir menjadi sampah di dalam tong sampah stainless. Dampaknya terhadap lingkungan sangatlah mengkhawatirkan. Bisa ditebak apa sajakah barang-barang itu? Simak ulasan berikut ini :

1. Bayangkan berapa juta orang yang membuang masker setiap hari

Barang pertama yang menjadi tumpukan ialah masker sekali pakai. Dari penggunaan masker saja kita sudah bisa membayangkan berapa banyak masker yang berakhir menjadi sampah dan mencemari lingkungan.

2. Sampah plastik dari botol hand sanitizer

Tempat-tempat seperti kantor pusat perbelanjaan dan restoran diwajibkan untuk menyediakan hand sanitizer untuk protokol kesehatan, yang umumnya dikemas dalam botol plastik. Nah, tidak sedikit orang yang membuang botol hand sanitizer saat cairannya sudah habis, padahal sebenarnya botol ini bisa dipakai kembali untuk diisi ulang.

3. Sampah dari alat pelindung diri dan sarung tangan lateks

Alat pelindung diri saat ini menjadi sampah baru, bahkan masuk pada kategori sampah yang berbahaya. Bahkan beberapa organisasi pecinta lingkungan mengatakan kalau di sungai, laut, dan selokan banyak dibanjiri oleh sarung tangan lateks dan alat pelindung diri yang tidak bisa didaur ulang.

4. Tanda silang lakban di beberapa tempat umum

Selain menggunakan masker dan hand sanitizer, hal penting yang harus dilakukan selama pandemi adalah menjaga jarak. Kita pasti sering menjumpai tanda silang di beberapa titik sebagai bentuk jaga jarak. Biasanya tanda silang ini dibuat menggunakan lakban, bayangkan berapa banyak sampah yang menumpuk jika pandemi selesai.

Melihat fakta ini sudah seharusnya kita sebagai masyarakat kembali memperhatikan lingkungan sekitar yang kita tinggali. Sebagai masyarakat kita bisa melakukan hal kecil seperti tidak membuang sampah secara sembarangan, menggunakan masker kain yang bisa dicuci, dan menggunakan alat makan dan minum sendiri untuk mengurangi limbah pada lingkungan sekitar.

 

%d bloggers like this: