porsi beras merah untuk diabetes
Uncategorized

Porsi Beras Merah untuk Diabetes yang Sehat dan Seimbang

Beras merah kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Kandungan serat beras merah yang tinggi membantu penyerapan gula, menjaga kadar gula darah tetap stabil, dan meminimalkan bahaya lonjakan gula darah. Selain itu, beras merah juga mengandung nutrisi seperti magnesium dan selenium, yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan penderita diabetes. Memilih beras merah sebagai sumber karbohidrat dapat membantu menciptakan pola makan yang lebih seimbang.

Nasi ini memiliki tekstur yang lebih kencang dibandingkan nasi putih dan memiliki rasa yang gurih. Beras merah juga memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi daripada nasi putih, termasuk serat, vitamin, dan mineral. Bagi penderita diabetes, konsumsi karbohidrat perlu dibatasi. Hal ini karena karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah. Namun, beras merah merupakan salah satu jenis karbohidrat yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care, mengganti nasi putih dengan beras merah dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Studi ini melibatkan lebih dari 200.000 orang dan menemukan bahwa mengonsumsi beras merah dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 16%. Selain itu, studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Diabetes menemukan bahwa mengonsumsi beras merah dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

porsi beras merah untuk diabetes

Kandungan Gizi Beras Merah

Salah satu aspek kunci dari beras merah adalah kandungan seratnya. Serat membantu mengurangi laju penyerapan gula dari makanan, yang dapat mendukung pengelolaan gula darah. Dengan memilih porsi beras merah untuk diabetes yang tepat, penderita diabetes dapat memaksimalkan manfaat serat untuk kesehatan mereka. Selain itu, serat juga berperan penting dalam menjaga fungsi pencernaan dan membantu mengendalikan berat badan. Beras merah memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, antara lain:

  • Karbohidrat: 24,6 gram
  • Protein: 3,2 gram
  • Lemak: 1,7 gram
  • Serat: 3,5 gram
  • Kalori: 130 kkal

Beras merah mengandung karbohidrat yang lebih rendah daripada nasi putih. Beras putih mengandung sekitar 27,6 gram karbohidrat per 100 gram, sedangkan beras merah mengandung sekitar 24,6 gram karbohidrat per 100 gram. Beras merah juga mengandung serat yang lebih tinggi daripada nasi putih. Serat dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam darah, sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Indeks Glikemik Beras Merah

Indeks glikemik (GI) suatu makanan menunjukkan seberapa cepat makanan tersebut meningkatkan kadar gula darah. Makanan dengan GI tinggi dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah sekitar 55. Beras merah memiliki GI yang rendah sehingga menandakan tidak langsung menaikkan kadar gula darah.

Porsi Beras Merah untuk Diabetes

Sebagai panduan umum, penderita diabetes sebaiknya mempertimbangkan porsi beras merah sekitar 1/4 hingga 1/2 piring dalam setiap makan. Porsi yang tepat bervariasi tergantung pada kebutuhan kalori dan karbohidrat individu. Makanan lain dalam hidangan juga harus diperhitungkan untuk mencapai keseimbangan nutrisi yang baik.

Mengkombinasikan beras merah dengan protein dan sayuran dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Bagi penderita diabetes, porsi beras merah yang disarankan adalah sekitar 100-150 gram per hari. Porsi ini dapat disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan masing-masing individu.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi beras merah dengan aman bagi penderita diabetes:

  1. Masak beras merah dengan cara yang tepat. Beras merah sebaiknya dimasak dengan metode yang tidak terlalu lama, agar kandungan nutrisinya tidak hilang.
  2. Kombinasikan beras merah dengan makanan lain yang memiliki indeks glikemik rendah, seperti protein dan sayuran.
  3. Amati respons tubuh Anda setelah mengonsumsi beras merah. Jika Anda mengalami lonjakan kadar gula darah, sebaiknya hentikan konsumsi beras merah.

 

Kesimpulan

Beras merah merupakan salah satu jenis karbohidrat yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beras merah memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dan indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih. Namun, penting untuk membatasi porsi beras merah untuk diabetes dan mengonsumsinya dengan cara yang tepat.