Internet

Pentingnya Watermark untuk Keperluan Konten

Watermark yaitu sebuah logo/identitas dari pencipta, pada saat membuat sebuah karya ataupun konten. Watermark juga bisa dikatakan sebagai hak cipta yang dimiliki oleh konten kreator, tujuan adannya watermark yaitu supaya karyanya aman dari pencurian ataupun diakui oleh orang lain.

Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) pengertian watermark yaitu sebuah tanda yang berada dalam kertas, yang memiliki karakteristik samar jika terkena sinar.

Namun di zaman yang serba digital seperti sekarang ini watermark tidak hanya dipergunakan pada sebuah kertas saja. Namun sekarang ini fungsi watermark bisa dipakai untuk keperluan karya digital seperti pada ilustrasi, video, foto, dan juga desain-desain berbasis digital lainnya.

Agar kalian lebih memahami fungsi Watermark, yuk simak penjelasan berikut ini:

Fungsi Watermark Pada Suatu Karya

Buat kalian seorang konten kreator tentu perlu memahami apa itu watermark dan apa saja fungsi dari watermark itu, agar karya yang sudah kalian buat itu tidak mudah dicuri ataupun dijiplak oleh orang lain. Misalnya seorang youtuber menamakan watermarknya pada produk videonya karena fungsi dari watermark ini sangat bermanfaat. Berikut merupakan penjelasan lengkap mengenai fungsi watermark untuk sebuah karya:

1. Berfungsi Sebagai Hak Cipta

Fungsi watermark yang pertama yaitu sebagai hak cipta yang dimana hasil karya kita bisa dilindungi agar tidak disalahgunakan oleh pihak lain. Kalian tentu sering mendengar orang-orang yang membajak hasil karya ataupun mengklaim bahwa karya itu merupakan karya original milik pihak pembajak, padahal hak tersebut tidak benar.  Maka dari itu menamakan watermark kemungkinan besar karya kita bisa dilindungi dari tindakan pembajakan.

2. Berfungsi Sebagai Identitas

Selain berfungsi sebagai hak cipta watermark juga berfungsi sebagai identitas dari sebuah karya yang sudah kita buat, yang dimana agar karya kita bisa dikenali oleh banyak orang diluar sana.

3. Berfungsi Sebagai Promosi

Fungsi watermark yang terakhir itu sebagai media promosi buat sebagai orang ataupun pelaku usaha. Contohnya pada media sosial terdapat foto yang tertanam watermark misal watermark itu menggunakan tulisan nama hotel atau alamat restoran dan ataupun usahanya. Dengan begitu orang-orang akan mengetahui bahwa foto tersebut merupakan hasil karya yang dibuat oleh tempat yang terdapat pada watermark tersebut.

 

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai pentingnya watermark untuk keperluan konten. Menamakan watermark pada sebuah karya yang sudah kita buat tentu sangat penting agar karya kita tidak diklaim oleh orang lain, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Watermark di Video

%d bloggers like this: