Teknologi

Pentingnya Desain Responsif dalam Pembuatan Website

Saat ini, pengalaman para pengguna di dunia internet menjadi semakin kompleks. Pengguna berpindah-pindah dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya saat mengakses situs web, seperti ponsel, tablet, komputer, laptop, dan bahkan smart watch. Untuk memberikan pengalaman pengguna yang paling memuaskan, Anda harus memastikan bahwa situs web Anda sudah memiliki tampilan situs web yang menarik dan fungsional di berbagai bentuk dan ukuran layar yang berbeda. Itulah betapa pentingnya memiliki website dengan desain yang responsif. 

Sudah banyak penyedia jasa pembuatan website, salah satunya yaitu Jasa Website Semarang, yang telah menggunakan desain yang responsif dalam pembuatan website, karena banyaknya manfaat yang ditawarkannya. Dengan desain responsif, Anda dapat mengoptimalkan pengalaman pengguna di berbagai perangkat, mulai dari ponsel hingga laptop. Tetapi, sebenarnya apa sih arti dari desain responsif? Baca ulasan di bawah ini untuk mengetahui arti dari desain responsif dan betapa pentingnya desain responsif dalam pembuatan website. 

 

Apa Itu Desain Responsif?

Desain responsif merupakan sebuah desain yang akan membuat satu situs web dapat menyesuaikan dengan ukuran layar apapun. Hal tersebut dapat membangun dan memelihara dua versi berbeda dari situs web Anda dan tentunya dapat digunakan dengan mudah di semua perangkat seluler, seperti tablet dan desktop. Situs web yang responsif memiliki tata letak yang lancar dan fleksibel yang memungkinkannya menyesuaikan dengan berbagai ukuran layar.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa desain web responsif berarti desain situs web yang merespon dan mengubah ukurannya sendiri tergantung pada perangkat yang digunakan untuk mengaksesnya. Desain responsif dalam pembuatan website juga akan membuat situs web lebih ramah pengguna, karena hal tersebut akan memudahkan para klien untuk berinteraksi, berbagi, hingga menautkan. 

 

Manfaat Desain Responsif

Memiliki desain responsif tentunya memiliki banyak keuntungan dan manfaat. Beberapa manfaat dibawah berikut akan menjadi jawaban dari pentingnya desain responsif dalam pembuatan website : 

1. Peningkatan Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Desain responsif akan memungkinkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna Anda, terbebas dari perangkat apa yang mereka gunakan untuk mengaksesnya. Ketika pengunjung mengunjungi situs Anda dan menemukan bahwa situs web Anda merespon perubahan tata letak secara efektif dan mereka dapat mengakses semua menu dan tombol, memungkinkan mereka mengeksplorasi website Anda lebih dalam. Namun, jika mereka merasa website Anda tidak responsif dan sulit diakses, mereka pasti tidak akan tertarik dan tidak jadi mengunjungi website Anda. 

2. Hemat Biaya

Memilih halaman web  yang responsif berarti Anda hanya memiliki satu situs web untuk dipelihara dan diperbarui. Hal tersebut akan menghemat waktu dan tentunya akan menghemat keuangan Anda. Sehingga dapat memiliki lebih banyak waktu untuk berfokus pada pekerjaan penting lainnya seperti pemasaran dan pengembangan produk atau konten. 

3. SEO yang Lebih Baik

Yang menjadi salah satu keuntungan terbesar dalam memiliki desain web yang responsif adalah meningkatkan peringkat mesin pencari. Google akan mempertimbangakan semua daya tanggap situs web sebagai salah satu penentu peringkat mereka dalam hasil mesin pencari. Hal itu berarti bahwa ketika situs web Anda tidak memiliki desain responsif, maka akan secara otomatis situs web Anda tersebut ditempatkan lebih rendah di hasil mesin pencari. 

4. Fleksibel

Desain responsif dalam pembuatan website, akan memberi Anda cara yang paling mudah diakses untuk mendukung perangkat terbaru. Tata letak berubah seiring waktu dan tidak ada yang mengetahui bagaimana tampilannya di masa mendatang. Dengan desain responsif, Anda tidak perlu risau mengenai apa yang akan terjadi selanjutnya.

5. Menarik Banyak Pengunjung 

Memiliki situs web yang ramah seluler terbaik dan pengalaman pengguna yang memuaskan akan membuat para pengunjung Anda tertarik dan pastinya akan lebih banyak alasan mengapa mereka tetap bertahan pada website dengan desain responsif. Saat ini, kita sudah mengetahui, bahwa tren belanja online sampai sekarang masih terus berkembang, yang dimana semua orang dapat melakukan jual beli hanya melalui perangkat seluler.

 

Apabila halaman web dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan memberikan pengalaman mengakses yang bebas dari semua gangguan, maka mereka dengan kemungkinan yang besar akan melakukan pembelian dan kembali lagi pada situs web Anda. Situs web yang responsif tidak hanya akan meningkatkan penjualan saja, tetapi juga dapat membuat konten bisnis Anda lebih banyak dilihat dan dibagikan yang dapat memungkinkan datangnya lebih banyak pelanggan potensial. 

Desain responsif memungkinkan konten situs web Anda mengalir di semua resolusi dan ukuran layar, dan akan menjadikannya terlihat bagus di semua perangkat. Hal tersebut juga akan membantu Anda dalam menghemat waktu, sumber daya, serta upaya Anda. Situs web yang terlihat modern, mobile-friendly, dan cepat merupakan suatu hal penting untuk mengembangkan bisnis Anda dan akan menarik lebih banyak pelanggan.