pendirian cv
Bisnis

Menghindari Resiko dalam Pendirian CV

CV adalah singkatan dari Commanditaire Vennootschap yaitu badan usaha persekutuan yang tidak dinaungi badan hukum. Untuk dapat mendirikan CV maka dibutuhkan setidaknya 2 orang yang bertindak sebagai penanggung jawab tidak terbatas (sekutu aktif) dan penanggung jawab sekutu tak terbatas (sekutu pasif).

Secara jelas kita dapat melihat bahwa PT jauh lebih banyak keuntungan dibandingkan CV namun CV tetap menjadi pilihan sebagian kalangan karena dinilai lebih mudah dalam proses pembentukannya dan lebih murah.

pendirian cv

Dibalik itu, CV mempunyai sejumlah resiko yang sering dikhawatirkan banyak orang seperti semakin banyak pihak atau anggota yang terlibat maka nantinya akan lebih mudah mengalami konflik horizontal dalam usaha.

Modal yang telah disetorkan ke CV akan sangat sulit untuk ditarik kembali apalagi modal yang diserahkan memiliki nominal yang sangat besar.

Selain resiko yang telah disebutkan ada beberapa resiko lainnya. Oleh sebab itu sebelum membuat CV cobalah konsultasi terlebih dahulu kepada notaris atau penyedia jasa pendirian CV anda.

Namun resiko semacam ini dapat diminimalisir dengan cara berikut ini:

1. Mempekerjakan orang-orang yang kompeten

Orang yang kompeten di bidangnya akan memberikan jaminan yang lebih baik dalam menjalankan perannya di usaha. Merekrut orang yang kurang kompeten justru akan membuat perusahaan semakin kacau dan banyak masalah. Ini bukan berarti anda harus menambah karyawan dan menggaji praktisi. Anda hanya perlu banyak perusahaan, hanya beberapa orang saja bisa namun arus kas harus senantiasa dipantau.

2. Perhatikan kesejahteraan karyawan

Jika anda ingin memanjangkan umur perusahaan maka sebaiknya perhatikan kesejahteraan karyawan. Ini tidak hanya berarti nominal gaji namun mengenai kultur kerja, lingkungan dan dukungan agar mereka sejahtera materi dan juga emosional.

Pelaku usaha bisa memberikan tunjangan, bonus, asuransi dan lainnya untuk menambah produktivitas kerja.

3. Disiplin dalam mengadministrasi

Meskipun CV  tidak sebesar PT namun melakukan administrasi adalah hal yang tidak boleh dilupakan. Dengan melakukan administrasi yang tepat maka nantinya anda akan dapat dengan mudah menjalankan bisnis dan merencanakan masa depan.

%d bloggers like this: