solid surface
Rumah

Mengenal Karakteristik Lengkap Solid Surface

Ketika akan memilih suatu material yang digunakan, pastikan terlebih dahulu mengetahui keuntungan dan kekurangan yang dipunyai material tersebut. Salah satu material yang bisa dipilih adalah dari solid surface yang digunakan sebagai bahan untuk alas meja maupun bagian konstruksi rumah. Solid surface dapat memberikan estetika karena memberikan tambahan penampilan yang lebih cantik untuk alas meja dan beragam perabotan di rumah tersebut. Bagi yang akan menggunakan solid surface, di bawah ini merupakan karakteristik yang perlu diketahui dari material bahan ini.

 

1.    Permukaan licin

Karakteristik pertama yang perlu diketahui adalah dari permukaan solid surface yang licin. Bahan ini merupakan bahan yang bisa menjadi pilihan selain granit atau marmer. Sehingga hal tersebut membuat bahan ini akan memberikan tampilan yang juga menambah estetika atau lebih cantik apabila digunakan sebagai material alas meja maupun lainnya.

Bahan ini sendiri seperti granit dan juga marmer juga dikenal sebagai material yang licin. Oleh karena itulah pastikan untuk menggunakannya sebagai material yang tepat. Seperti dengan harus sangat berhati-hati apabila akan menggunakan bahan ini sebagai material untuk lantai rumah, terutama jangan gunakan solid surface sebagai lantai kamar mandi karena dasarnya bahan ini juga sudah licin.

solid surface

2.    Bobot ringan

Karakteristik selanjutnya yang bisa didapatkan apabila memilih material solid surface adalah mempunyai bobot yang ringan. Bahan ini mempunyai material sintetis, sehingga membedakan dari bahan lainnya yaitu granit dan marmer. Hal tersebut membuat bahan ini lebih ringan dibandingkan bahan-bahan granit maupun marmer. Sehingga bagi yang mencari bahan dengan tampilan yang cantik tetapi lebih mudah untuk memasangnya, bisa memilih bahan solid surface yang mempunyai bobot ringan. Selain itu bahan ini juga mempunyai pori-pori kecil yang memberikan kekurangan karena tidak mudah untuk menyerap kotoran dan air.

3.    Fleksibel

Karakteristik terakhir dari solid surface ketika memilihnya sebagai bahan alas meja maupun lantai adalah karena sangat fleksibel. Jenis material ini memberikan tingkat fleksibilitas yang paling baik dibandingkan yang lainnya. Hal tersebut memberikan keunggulan karena lebih memudahkan untuk membentuk alas maupun meja yang sesuai dengan bentuk maupun lebar sesuai keinginan. Bahan yang fleksibel ini akan lebih mudah dibentuk atau ditata sesuai dengan perabotan atau bagian rumah yang akan dibuat.

 

Dari berbagai karakteristik tersebut, hal tersebut membuat solid surface ini juga mempunyai banyak keunggulan dan kekurangan yang dipunyai. Pastikan cari tahu secara lengkap mengenai hal tersebut sehingga bisa mendapatkan manfaat terbaik dari bahan ini. Seperti solid surface yang mempunyai keunggulan dengan mudah dipasang, mudah dibersihkan, mempunyai banyak pilihan, hingga tahan benturan. Akan tetapi kekurangannya adalah harga solid surface yang mahal dan permukaan licin sehingga perlu berhati-hati ketika menggunakannya sebagai alas.