Resep Martabak Mihun (Martabak Madura) oleh Bunda Bagus - Cookpad
Gaya Hidup

Martabak Madura: Resep Sederhana yang Lezat

Martabak Madura adalah salah satu hidangan populer di Indonesia. Martabak ini terkenal karena rasa lezatnya dan beragam pilihan isian yang bisa disesuaikan dengan selera. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep sederhana untuk membuat Martabak Madura di rumah, serta memberikan opini dan ulasan mengenai hidangan ini.

Sebelum matahari muncul di ufuk timur, aroma yang menggiurkan telah menyebar di sudut-sudut pasar Madura, membangkitkan rasa ingin tahu dan hasrat yang mendalam pada para pengunjung yang berkeliling. Pagi itu, seperti pagi-pagi sebelumnya, kios-kios mulai bersemangat menyajikan kuliner legendaris yang tak pernah kehilangan pesonanya – Martabak Madura. Sebuah hidangan yang mampu membangkitkan kenangan indah dan menciptakan cerita baru, menawarkan kenikmatan yang tiada banding dengan resep sederhana namun luar biasa lezat.

Namun, ketika informasi berhamburan di era digital ini, kita seringkali kehilangan kontak dengan esensi dari kuliner asli yang telah menciptakan sejarah kuliner di tanah air kita. Dalam hiruk pikuk informasi modern, kita terkadang melupakan kicauan lembut yang berasal dari dapur-dapur Madura yang memanggil kita untuk kembali kepada kelezatan yang otentik.

Dengan mengambil referensi dari situs Klub Berita, mari kita menjadi jembatan yang menghubungkan Anda kembali dengan keajaiban kuliner ini. Dengan kata-kata yang dipilih dengan hati-hati dan gaya narasi yang mendalam, kami membawa Anda kembali ke dunia di mana rasa dan tradisi berpadu, menawarkan panduan yang mendalam untuk merasakan kembali, memahami, dan mencintai Martabak Madura, hidangan sederhana namun mengesankan yang memadukan bahan-bahan pilihan dengan keterampilan dan dedikasi. Dalam perjalanan ini, kami berjanji untuk menuntun Anda dalam mengeksplorasi kekayaan dan kelezatan dari resep Martabak Madura yang sederhana namun memukau.

Resep Martabak Mihun (Martabak Madura) oleh Bunda Bagus - Cookpad

Berikut adalah resep sederhana untuk membuat Martabak Madura:

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1 sendok teh gula
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 ml air hangat
  • Minyak goreng secukupnya Bahan Isian (sesuai selera):
  • Daging sapi cincang
  • Telur ayam
  • Daun bawang, iris tipis
  • Bawang merah, iris tipis
  • Bawang putih, cincang halus
  • Kecap manis
  • Garam dan merica secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Campurkan tepung terigu, ragi instan, gula, dan garam dalam sebuah wadah besar. Aduk rata.
  2. Tambahkan air hangat sedikit-sedikit sambil terus diuleni hingga adonan menjadi lembut dan elastis
  3. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit hingga mengembang
  4. Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan anti lengket
  5. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum
  6. Masukkan daging sapi cincang dan tumis hingga matang Tambahkan garam, merica, dan kecap manis secukupnya sesuai selera.
  7. Pecahkan telur ayam ke dalam wajan, aduk rata dengan bahan isian lainnya hingga tercampur sempurna
  8. Ambil sejumput adonan martabak, pipihkan dengan tangan atau menggunakan rolling pin
  9. Letakkan sejumput isian pada bagian tengah adonan, lalu lipat empat menjadi bentuk segiempat
  10. Panaskan minyak goreng dalam wajan datar, goreng martabak hingga kedua sisinya berwarna kecokelatan.
  11. Angkat martabak dari minyak dan tiriskan.

Dalam resep ini, Martabak Madura bisa disesuaikan dengan berbagai jenis isian seperti daging sapi cincang dan telur ayam yang memberikan rasa gurih dan nikmat saat digigit. Ditambah dengan tambahan daun bawang, bawang merah, bawang putih, serta kecap manis yang memberikan aroma harum khas Martabak Madura.

Martabak Madura merupakan camilan yang sempurna untuk dinikmati di waktu senggang atau sebagai hidangan sarapan pagi yang mengenyangkan. Rasanya yang lezat membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Dengan resep sederhana ini, Anda dapat mencoba membuat Martabak Madura sendiri di rumah tanpa harus pergi keluar atau memesannya dari penjual. Anda juga bisa menyesuaikan isian sesuai dengan preferensi pribadi Anda.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep Martabak Madura ini dan nikmati kelezatannya!

%d bloggers like this: