manfaat-kopra-kelapa
Kesehatan

Manfaat Kopra Kelapa, Perngertian dan Seputar Kopra

Kopra ialah salah satu turunan dari buah kelapa yang memiliki beragam manfaat baik. Kopra umumnya dipakai sebagai bahan baku kebutuhan industri sampai potensi ekspor yang semakin naik setiap tahunnya. Manfaat kopra kelapa yang beragam inilah yang membuat para petani kopra memiliki untung yang banyak.

 

Apa Itu Kopra?

manfaat-kopra-kelapa

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kalau kopra adalah salah satu hasil turunan dari buah kelapa. Kopra ini diolah dengan menggunakan teknik pengeringan yang bermacam, yakni pengeringan dengan sinar matahari, pengeringan dengan pengarangan atau pengasapan di atas api, dan juga pengeringan dengan pemanasan tidak langsung.

Kopra menjadi salah satu turunan kelapa yang berperan penting dalam proses pembuatan minyak kelapa serta beragam produk turunan lainnya. Proses pembuatan minyak itu akan dilakukan dari hasil ekstrak minyak kopra, kemudian setengah dari sisa produk samping kopra setelah diekstrak minyaknya itu memiliki protein yang tinggi.

Akan tetapi mempunyai serat yang sangat tinggi jadi produk tersebut tidak dapat dikonsumsi manusia. Produk inilah yang sering kali dimanfaatkan sebagai bahan pakan hewan ternak.

 

Manfaat Kopra Kelapa

Terdapat dua jenis kopra kelapa, yakni kopra putih dan kopra hitam. Kopra putih memiliki proses pengolahan yang lebih sulit dan lumayan panjang. Hal tersebut karena perlu memperhatikan lebih lanjut tentang kandungan dan kualitas dari kopra itu. Dengan karakteristik kopra yang harus kering dengan kandungan air yang kurang lebih 5%, higienis, bebas akan aflatoksin, PAH, FFA, serta terbebas dari kandungan lainnya.

Kopra putih biasanya diolah menjadi minyak kelapa yang akan menghasilkan minyak kelapa yang sangat jernih, bersih, serat berkualitas tinggi. Tidak hanya itu, kopra putih juga sering kali dibuat menjadi olahan minyak goreng, margarin, parfum, kosmetik, sabun, es krim, pelembab, bahan farmasi serta kebutuhan industri lainnya.

Sedangkan kopra hitam, ialah kopra yang proses pengolahannya paling mudah. Untuk memproses kopra hanya perlu mengeluarkan atau mencungkil daging kelapa dari batok atau tempurungnya, lalu dijemur dibawah sinar matahari sampai warnanya berubah menghitam.

Sama halnya dengan kopra putih, kopra hitam juga dipakai sebagai bahan baku minyak kelapa. Akan tetapi kualitas minyak dari kedua kopra ini berbeda, sebab minyak hasil kopra putih lebih memiliki kualitas yang unggul.

Tak hanya bermanfaat dalam pembuatan minyak dan lainnya, manfaat kopra kelapa untuk kesehatan juga bermacam-macam, yakni :

1. Membantu Menjaga Kestabilan Gula Darah

Di dalam kopra kelapa terdapat kandungan zat medium chain triglycerides yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas pada produksi insulin di dalam tubuh. Sehingga mampu menyeimbangkan gula darah dalam tubuh.

2. Mencegah Osteoporosis

Minyak dari hasil kopra juga mampu membantu penyerapan magnesium dan kalsium menjadi lebih baik, dengan begitu tulang dan persendian tetap sehat.

3. Mampu Membasmi Parasit Didalam Tubuh

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam minyak kelapa olahan kopra cukup tinggi, yang mampu menangkal beragam radikal bebas dan juga parasite yang akan membahayakan tubuh.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan proses pembuatan yang baik, akan menghasilkan minyak kelapa yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik. Asam lemak jenuh yang dapat mengubah kolesterol jahat menjadi kolesterol baik, dengan begitu akan menimbulkan efek yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Cocok Untuk Program Diet

Tidak hanya itu, kandungan asam lemak jenuh itu mampu membantu membakar lemak yang ada dalam tubuh lebih cepat, jika diiringi dengan olahraga. Sehingga dapat menurunkan berat badan dan membuat program diet kamu berhasil.

 

Di Indonesia ini terdapat beberapa daerah unggul penghasil kopra terbaik, yakni Banten, Yogyakarta (Kulon Progo), Manado, hingga Halmahera. Indonesia bahkan pernah menjadi salah satu dalam daftar ekspor kopra terbanyak. Hal ini dikarenakan lahan pohon kelapa yang ada banyak di Indonesia.

Untuk mengolah kopra sendiri di Indonesia telah menggunakan mesin dan alat yang canggih dan modern, yakni seperti oven kopra putih dan mesin pembuat kopra. Dengan kualitas mesin yang baik, sehingga menghasilkan kopra yang berkualitas baik pula.

 

Itu dia beberapa penjelasan tentang pengertian kopra, manfaat kopra kelapa, dan juga seputar kopra kelapa. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu kamu mengetahui apa saja manfaat dari kopra kelapa. Sampai jumpa di topik pembahasan artikel lainnya, jangan lupa juga untuk membaca artikel lainnya di website yang sama.