Bisnis

Ketahui Tentang Pengertian dan Contoh Strategi Marketing

Tidak ada bisnis yang jalan dengan baik tanpa adanya marketing. Marketing menjadi ujung tombak suatu bisnis. Dengan strategi marketing yang tepat maka bisnis akan berkembang dengan cepat dan dapat menghasilkan hasil yang maksimal.

Strategi marketing ada banyak cara. Setidaknya ada enam strategi yang dapat mendongkrak penjualan. Antara lain :

  • Marketing Mix
  • Viral Marketing
  • Guerilla Marketing
  • Trend Marketing
  • Experiential Marketing
  • Email Marketing

 

Pengertian Marketing

Marketing adalah suatu usaha yang bertujuan untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada calon konsumen. Usaha tersebut bisa dilakukan dengan aktivitas distribusi, promosi, penjualan, pengembangan produk, dan lain lain.

Marketing sangat penting dalam perkembangan bisnis. Sukses tidaknya suatu bisnis tergantung pada marketing. Alasannya adalah dapat meningkatkan penjualan, membangun harmonisasi dengan konsumen, memperkuat branding, dan dapat mengembangkan produk.

Sebelum memulai aktivitas marketing, biasanya seorang marketer melakukan riset pasar dan analisa kebutuhan konsumen terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar marketing efektif dan efisien.

Jika kamu ingin mengetahui berbagai informasi lain tentang bisnis, pemasaran, keuangan, asuransi, dan lain sebagainya, kamu bisa berkunjung ke website bisnis terlengkap pada saat ini yaitu mastahbisnis.com. Ya, informasi yang disajikan di website ini sangat lengkap dan up to date.

Contoh Strategi Marketing

Sudah disinggung sebelumnya, ada enam strategi yang dapat digunakan, antara lain :

1. Marketing Mix

Marketing mix adalah salah satu strategi marketing yang bertujuan untuk mencapai target penjualan sesuai yang di targetkan. Marketing mix sudah banyak diterapkan oleh pelaku bisnis, baik yang pemula maupun bisnis yang sudah berkembang.

Terdapat tujuh prinsip marketing mix, antara lain product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), physical evidence (bukti fisik), people (orang), dan process (proses). Ketujuh prisnis tersebut diterapkan dengan tujuan mendapatkan hasil yang terbaik.

2. Viral Marketing

Viral marketing adalah salah satu strategi pemasaran dengan memanfaatkan audiens atau konsumen untuk menyebarkan informasi produk tersebut. Strategi ini dapat mendongkrak dan memperkuat branding dalam waktu cukup cepat.

Setidaknya ada tiga keuntungan yang didapat apabila mengguankan strategi ini. Antara lain menghemat biaya promosi, dapat meningkatkan brand awareness dengan cepat, dan diulan di berbagai media.

3. Geurillah Marketing

Guerilla marketing adalah salah satu strategi pemasaran dengan cara promosi yang unik dan dapat berkesan bagi konsumen. Strategi ini membuat calon konsumen geleng geleng kepala dan terkejut karena cara yang unik ini.

Keuntungan yang didapatkan apabila menggunakan strategi marketing ini adalah dapat menghemat biaya, mudah viral karena keunikannya, dan membuat konsumen terkesan.

4. Trend Marketing

Trend marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara mempelajari trend baru yang ada di masyarakat. Dalam mempraktekan strategi ini harus update teru agar tidak ketinggalan trend.

5. Experiential Marketing

Experiential marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara mengajak konsumen untuk merasakan pengalaman dalam menggunakan suatu produk. Strategi marketing ini dinilai efektif, karena konsumen diajak langsung untuk mencoba produk yang ditawarkan sehingga konsumen tau kualitas dari produk tersebut.

Apabila menjalankan strategi ini, bisa menggunakan cara mengadakan seminar, pameran produk, mempromosikan user generated content, mengadakan event, dan berbagi pengalaman imersif dengan menggunakan virtual reality.

6. Email Marketing

Email marketing adalah strategi pemasaran digital untuk menawarkan produk dengan menggunakan email. Keuntungan yang didapat antara lain :

  • Minim biaya namun hasil maksimal
  • Jangkauan sangat luas
  • Lebih efektif karena pengguna email sering membuka email
  • Dapat menjangkau audiens di perangkat yang berbeda
%d bloggers like this: