arah mata angin
Gaya Hidup

Jenis dan Manfaat Mengetahui Arah Mata Angin

Kompas merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengetahui arah dari mata angin. Alat ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui arah dengan lebih akurat. Sehingga ketika akan ke gunung, laut, dan juga tempat lainnya yang tidak mudah untuk mengetahui dan membaca arah maka bisa memanfaatkan kompas. Arah mata angin tersebut dibutuhkan karena bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti berikut ini:

•    Manfaat pertama adalah dapat membantu apabila ada di lokasi yang tidak mudah menentukan arahnya. Seperti yang telah dijelaskan di atas ketika berada di gunung, hutang, laut, dan tempat lainnya.

•    Selanjutnya mata angin juga mempunyai manfaat untuk dapat menentukan arah dengan akurat sehingga tidak membuat tersesat.

•    Mata angin juga perlu diketahui lebih tepat karena bisa membantu untuk mengetahui arah kiblat ketika akan shalat.

•    Mata angin juga bermanfaat untuk mengetahui waktu yang tepat apabila digunakan untuk berlayar bagi para nelayan. Mata angin juga bisa menjadi patokan lokasi agar tidak tersesat ketika berada di laut.

•    Mata angin memberikan manfaat bagi pilot agar dapat mengarahkan pesawatnya ke arah yang tepat.

•    Mata angin bermanfaat untuk membantu memprediksi cuaca.

arah mata angin

Arah mata angin yang biasanya dikenal sendiri adalah timur, selatan, barat, dan utara. Arah tersebut adalah mata angin primer yang perlu untuk dikenali dan juga menjadi petunjuk di dalam kompas. Selain mata angin primer, Anda juga perlu mengenal mengenai mata angin sekunder dan tersier untuk dapat menentukan dan membaca arah dengan tepat. Untuk mata angin sekunder tersebut barat laut, barat daya, timur laut, dan tenggara. Sedangkan untuk mata angin tersier yang perlu dikenali adalah utara timur laut, timur timur laut, timur tenggara, selatan tenggara, selatan barat daya, barat-barat daya, barat-barat daya, utara barat laut.

Bagi Anda yang perlu untuk membaca mata angin dengan tepat perlu untuk membawa kompas kemana-mana. Atau cara lain yang bisa digunakan adalah dengan melihat gerakan matahari terbit dan terbenam untuk mengetahui arah dari mata angin. Selain itu juga bisa menggunakan bayangan tongkat yang dapat mengetahui arah utara dan selatan.