solid surface
Rumah

Jenis Bahan Solid Surface yang Harganya Mahal

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk finishing furniture yang dipunyai adalah solid surface. Jenis ini berasal dari bahan resin dan akrilik sehingga akan menghasilkan bahan yang mempunyai tampilan seperti marmer. Akan tetapi bahan ini mempunyai keunggulan yang diberikan yaitu dari banyaknya pola yang didapatkan, material yang mudah dibersihkan, lebih tahan goresan, dan juga mempunyai bobot lebih ringan. Bahan solid surface memang mempunyai harga yang lebih tinggi karena menawarkan banyak keunggulan yang telah disebutkan. Terutama ketika memilih beberapa jenis bahan solid surface berikut ini.

 

1.    Akrilik

Jenis bahan pertama yang membuat solid surface mahal adalah dari akrilik. Bahan ini biasanya digunakan untuk bagian terluar dari solid surface sehingga memberikan kesan yang stylish pada penampilan ketika menggunakan bahan ini. Akrilik sendiri merupakan bahan baku utama yang digunakan untuk membuat solid surface sehingga merupakan bahan penting. Bahan ini mempunyai tampilan yang mirip seperti kaca, akan tetapi mempunyai keunggulan karena lebih elastis, ringan, dan juga lebih kuat dan tidak mudah pecah. Bahan ini bisa menjadi pelapis solid surface terbaik karena mudah dipotong sehingga memudahkannya untuk dibentuk sesuai furniture dan perabotan yang akan menggunakan lapisan solid surface.

solid surface

2.    Epoxy dan Pigmen

Jenis selanjutnya yang membuat harga solid surface menjadi lebih mahal adalah dari epoxy. Bahan ini merupakan material yang sangat umum dijumpai digunakan sebagai pelapis di lantai. Epoxy merupakan bahan yang terbuat dari campuran resin dan menggunakan bahan pengeras. Hal tersebut membuat bahan Epoxy akan lebih kuat, kaku, akan tetapi tetap mengkilap sebagai hasil dari pencampuran bahan yang digunakan. Selain itu juga ada bahan pigmen yang merupakan solid surface yang bisa membuat warna menarik dan beragam. Pigmen tersebut dapat mengubah warna dengan menggunakan proses absorpsi sehingga bisa membuat solid surface mempunyai banyak pilihan warna.

3.    Serbuk bauksit dan serbuk kaca

Solid surface juga menggunakan serbuk bauksit yang merupakan material penting pada bahan solid surface. Bahan ini biasanya digunakan untuk aluminium atau amplas. Selain itu, serbuk bauksit juga bisa dimanfaatkan sebagai isian yang ditemukan pada bahan solid surface. Dan bahan terakhir yang membuat harga solid surface mahal adalah karena mempunyai serbuk kaca yang mempunyai fungsi akan membuat solid surface lebih berkilau.

 

Berbagai bahan atau material di atas yang membuat solid surface yang digunakan sebagai finishing menjadi mahal dibandingkan bahan lainnya. Akan tetapi walaupun begitu, solid surface mempunyai banyak keunggulan yang bisa didapatkan dengan material yang berkualitas tersebut. Sehingga solid surface tetap bisa menjadi pilihan terbaik untuk dijadikan sebagai finishing dan material table kitchen set, lantai, dan berbagai perabotan dan furniture lainnya.