Tips

Ingin Peluang Bisnis Laundry Sukses, Simak Kiat-Kiatnya Berikut Ini

Dewasa ini, peluang usaha laundry tak hanya menyasar pada masyarakat ibu kota. Seiring dengan kebutuhan, bisnis laundry pun semakin berpeluang dijajal oleh para pelaku usaha, terlebih di wilayah dengan mobilitas masyarakat yang tinggi. Mulai dari jasa cuci gosok, setrika, hingga dry cleaning, bisnis laundry semakin diminati oleh konsumen. Jika kamu tertantang ingin mencoba bisnis yang satu ini, simak beberapa tipsnya berikut ini, ya!

 

Persiapkan budget

Modal usaha atau budget merupakan bagian terpenting mengawali bisnis. Sebab budget akan membantumu membangun lokasi bisnis, menyediakan peralatan laundry, membayar karyawan, operasional, dan sebagainya.

Menghindari kebocoran biaya pengelolaan usaha, kamu perlu menerapkan skala prioritas untuk menunjang kebutuhan. Semakin jeli melakukan analisis keuangan dapat memperlancar bisnis laundry yang kamu kelola agar lebih baik.

Lokasi strategis lebih diminati

Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau akan memudahkan konsumen untuk mengantar cucian mereka ke area bisnismu. Sebaliknya, lokasi yang terpencil dan susah diakses membuat konsumen enggan datang ke lokasimu.

Jika kamu menyediakan jasa pesan antar, lokasi menjadi pertimbangan biaya yang kamu keluarkan. Semakin lokasimu tidak strategis tentu membuat ongkos kendaraan semakin besar.

 

Tentukan harga yang sesuai kantong

Perhatian terhadap konsumen perlu kamu lakukan dalam mengembangkan bisnis laundry. Kamu perlu melakukan survei terhadap target yang dituju. Jika target yang kamu tuju ialah mahasiswa, kamu disarankan untuk memberi harga yang sesuai. Harga yang mahal dan sulit dijangkau oleh mahasiswa tentu membuat bisnismu sepi peminat.

 

Variasi pelayanan yang beragam

Tak hanya pelayanan yang bersifat primer, seperti cuci, setrika, hingga laundry express. Kamu perlu memperluas ide bisnismu lebih agar lebih bervariasi. Kamu dapat menyediakan layanan lain, misalnya paket laundry bed cover, selimut, maupun karpet. Variasi layanan tersebut membantumu mengembangkan bisnis yang sedang kamu rintis.

 

Mengawali dengan promosi

Sesekali kamu tak perlu khawatir soal kerugian. Mengawali bisnis ini, kamu dapat memberikan layanan promosi untuk mendapatkan hati pelanggan. Tentunya promosi ini dapat kamu mulai setelah melalui analisa bisnis.

Kamu bisa memulai promosi di awal bisnis dengan memberikan potongan tertentu, misalnya 10% hingga 20% bagi pelanggan yang memasukkan cucian khusus di hari pembukaan. Atau, kamu bisa memberikan bonus 1 kg untuk pencucian dengan berat 5 kg. Selain itu, penawaran paket khusus juga semakin dicari oleh konsumen.

 

Nah, itu tadi beragam tips mengawali peluang bisnis laundry yang bisa kamu coba. Tertarik untuk melakukannya? Praktikkan tips di atas, sekaligus menggali informasi dari pengalaman para pelaku bisnis tentu membantumu mengawali bisnis laundry ini. Selamat mencoba.

%d bloggers like this: