fakta kanker mulut
Kesehatan

Hati-Hati! Inilah 7 Fakta Kanker Mulut yang Harus Anda Tahu

Sebagian besar orang mengalami ketergantungan pada tembakau yang ada dalam rokok. Bahkan, sebagian orang itu telah menganggap rokok dapat menyegarkan mulut. Namun pada kenyataannya, tembakau dalam rokok ternyata mengandung banyak racun yang dapat menyebabkan terjadinya kanker mulut ini.

Hal ini dikarenakan tembakau yang mengandung banyak zat karsinogen. Zat karsinogen inilah yang dapat memicu terjadinya kanker mulut.

Kanker mulut ini biasanya menyerang bagian mulut sampai dengan bagian tenggorokan. Kanker mulut ini sering terjadi pada pria dewasa usia 40 tahun ke atas. Hal ini terjadi karena para pria cenderung menjadi perokok aktif. Namun, kanker mulut ini tidak menutup kemungkinan untuk menyerang wanita dan usia berapapun.

Sumber: https://www.deherba.com/ 

Untuk mengetahui lebih lengkap terkait kanker mulut, Anda perlu mengetahui dan menyimak 7 fakta dari kanker mulut di bawah ini.

Fakta dari Kanker Mulut yang Harus Anda Tahu

fakta kanker mulut

1. Kanker mulut di India

Di India, ternyata kanker mulut termasuk salah satu jenis kanker yang paling sering ditemukan. Hampir dari sebagian kasus kanker yang terjadi di India merupakan kanker mulut.

2. Tembakau menyebabkan kanker mulut

Kasus kanker mulut yang terjadi di India disebabkan karena penggunaan tembakau secara berlebihan. Baik itu tembakau pada rokok maupun tembakau yang dikunyah dengan buah pinang.

Hal ini dikarenakan tembakau mengandung zat karsinogen dan racun yang dapat memicu dan mempercepat terjadinya kanker mulut ini.

3. Akibat dari rokok dan alkohol

Merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol ternyata dapat meningkatkan risiko terkena kanker mulut. Selain itu, orang yang positif HIV dan orang yang pernah melakukan transplantasi ternyata juga memiliki risiko yang lebih besar.

4. Sinar ultraviolet

Sel kanker yang menyerang bibir bawah dapat berkembang dengan cepat jika terpapar sinar ultraviolet matahari. Selain paparan sinar ultraviolet, kekurangan vitamin A dan C, sayuran, dan juga buah ternyata dapat memicu kanker mulut ini.

5. Bisul atau luka dalam mulut

Jika ada bisul atau luka berwarna merah di dalam mulut yang tidak kunjung sembuh, Anda harus mewaspadainya. Mungkin hal itu termasuk salah satu gejala kanker mulut.

6. Pria lebih berisiko

Merupakan sebuah fakta bahwa seorang pria berusia 40 tahun ke atas memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap terjadinya kanker mulut ini. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kanker mulut juga terjadi pada wanita.

7. Kanker mulut dapat disembuhkan

Kanker mulut yang dapat terdeteksi sejak dini dan mendapat penangan sesegera mungkin, maka ada harapan besar bahwa kanker mulut ini dapat sembuh. hal ini terjadi karena sel-sel kanker belum menyebar ke organ lain.

Itulah beberapa fakta dari kanker mulut yang perlu Anda ketahui. Mulai sekarang, lakukanlah gaya hidup sehat agar terjauhkan dari penyakit berbahaya seperti kanker.

%d bloggers like this: