sumber daya alam bagi manusia
Lingkungan

Fungsi Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang ada di alam yang bisa dimanfaatkan oleh manusia ataupun hewan guna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

sumber daya alam bagi manusia

Di negara Indonesia sendiri kekayaan alam sangatlah melimpah. Seperti batu bara, emas, tumbuhan, dan lainnya. Akan tetapi masyarakat di indonesia sendiri masih sering lupa untuk menjaga lingkungan di sekitar kekayaan alam tersebut dengan mengambil sumber daya alam yang ada secara berlebihan.

Hal tersebut jika dilakukan secara terus menerus dapat mengakibatkan rusaknya ekosistem yang ada ataupun keseimbangan alam di sekitar sumber daya tersebut. Maka dari itu kita harus selalu menjaga sumber daya alam yang ada secara baik dan tidak berlebihan.

Apa saja sih fungsi sumber daya alam bagi kehidupan manusia dan hewan. Yuk langsung saja simak data di bawah mengenai fungsi sumber daya alam yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya dan aktual tentunya.

Fungsi Sumber Daya Alam

  1. Sebagai sumber pangan bagi masyarakat

Tidak perlu diragukan lagi bahwa fungsi dari sumber daya alam sendiri yaitu untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia.

Misalnya seperti udara, tumbuhan, hewan dan air merupakan salah satu faktor penting untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri seperti air buat minum, hewan diolah menjadi bahan makanan yang bernutrisi tinggi, juga tumbuhan sebagai penghasil oksigen yang berkualitas.

Maka dari itu kita harus selalu memanfaatkan sumber daya alam yang ada sesuai dengan keperluan kita dan tidak berlebihan saat mengambilnya.

2. Sebagai sumber ekonomi bagi masyarakat

Nah untuk yang kedua ini, fungsi dari sumber daya alam adalah sumber ekonomi bagi masyarakat dan juga sebagai mata pencaharian utama.

Misalnya para nelayan yang mengandalkan sumber daya alam di laut sebagai salah satu cara mereka untuk bertahan hidup guna memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan cara mencari ikan di laut.

Ataupun seorang penambang emas yang tentunya juga berharap kepada sumber daya alam sebagai penghasilan utama pastinya. Yang pastinya hal tersebut dapat dapat diandalkan sebagai sumber ekonomi masyarakat itu sendiri.

3. Sebagai tempat untuk pemberdayaan pertanian, perkebunan

Selain kedua fungsi di atas fungsi yang terakhir sumber daya alam adalah sebagai tempat pertanian dan perkebunan.

Masyarakat bisa memanfaatkan lahan yang ada di alam sekitar untuk ditanami jenis tumbuhan yang bernilai jual tinggi misalnya tumbuhan padi, singkong maupun cabe, Sehingga mampu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Namun untuk pertanian dan perkebunan lebih sering di pakai di pedesaan maupun perbukitan. Karena memerlukan lahan kosong yang cukup luas dan juga harus memiliki irigasi yang baik sebagai tempat pengairan.

Nah itu di beberapa fungsi dari sumber daya alam. Semoga artikel yang kami buat ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu ya, apabila ada salah kata maupun tulisan mohon maaf sebesar besarnya.

 

%d bloggers like this: