Kesehatan

Daftar Nama Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

Pada dasarnya, tidak semua jenis penyakit yang ada di dunia ini akan disebabkan oleh virus. Namun, hanya ada beberapa jenis penyakit saja yang disebabkan oleh virus-virus berbahaya ini.

Sementara itu, untuk virus itu sendiri adalah sebuah organisme yang berukuran sangat kecil dan tentunya hal ini akan membahayakan tubuh Anda ketika sudah terlanjur masuk dan menyerang diri Anda.

 

3 Jenis Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

Umumnya, penyakit yang disebabkan oleh sebuah virus tertentu akan menunjukkan gejala yang mirip seperti penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini juga ada yang bersifat ringan dan serius. Ketika penyakit sudah bersifat serius, Anda harus segera memeriksakannya.

Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah ketiga jenis penyakit yang penyebabnya adalah virus, dan yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia, yaitu:

Pilek

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus adalah pilek. Seperti yang sudah Anda ketahui, jenis penyakit ini sering dialami oleh masyarakat Indonesia, khususnya ketika musim hujan sudah tiba. Pada dasarnya, pilek disebabkan bukan karena hal lain, tapi karena virus yang mulai masuk ke tubuh Anda.

Gejalanya pun bisa diketahui dengan mudah, yaitu bersin, radang pada tenggorokan, hidung tersumbat, dan batuk yang tidak berhenti-berhenti.

Flu

Sampai saat ini masih ada sebagian orang yang salah mengartikan bahwa flu sama saja dengan pilek, padahal kedua jenis penyakit ini pada dasarnya saling berbeda satu sama lain.

Kendati demikian, kedua jenis penyakit ini juga memiliki persamaan yaitu sama-sama disebabkan oleh virus yang masuk ke tubuh manusia. Umumnya, seseorang yang menderita penyakit ini akan mengalami gejala demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, meriang, mual, atau bahkan muntah.

Cacar Air

Cacar air juga termasuk dalam salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus berbahaya. Bahkan, penyakit ini harus segera ditangani secara tepat, karena jika tidak hal ini bisa membahayakan tubuh penderitanya.

Virus yang menyebabkan penyakit cacar air muncul bernama Varicella-Zoster. Sementara itu, untuk gejalanya sendiri bisa dilihat dari munculnya ruam dan gatal, serta bisa muncul di bagian wajah, dada, punggung, atau pun bagian tubuh lainnya yang menyebar.

 

Dengan melihat penjelasan di atas, bisa dipastikan bahwa pada dasarnya penyakit yang disebabkan oleh virus ada yang bisa sembuh sendiri dan ada juga yang harus ditangani oleh ahli profesional alias dokter. Jika pilek dan flu bisa sembuh sendiri, untuk cacar air akan membutuhkan penanganan yang lebih serius.

%d bloggers like this: