Elektronik

Cara Mudah Mengatasi Masalah Umum pada Kompor Gas di Rumah

Memasak menjadi satu dari banyaknya kegiatan yang rutin dilakukan, terutama di rumah. Media yang paling umum digunakan untuk memasak adalah kompor gas. Meskipun media tersebut dapat bekerja dengan baik, namun terkadang masalah kecil bisa mengganggu kinerja kompor gas. 

Ketahui Beberapa Masalah Umum pada Kompor Gas

Seperti halnya perangkat keseharian lainnya, kompor gas juga rentan mengalami beberapa masalah. Penting untuk memahami beberapa masalah umum yang mungkin muncul pada kompor gas, seperti berikut ini : 

1. Munculnya Bau yang Disebabkan Oleh Gas

Jika Anda mengalami masalah ini, mungkin saja ini akan menimbulkan masalah yang serius pada kompor gas Anda. Jika Anda mencium bau gas yang aneh bisa saja hal tersebut menandakan adanya kebocoran gas, yang dapat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Masalah ini merupakan salah satu penyebab yang paling parah sehingga harus segera diperiksa, karena jika Anda biarkan begitu saja, maka akan menyebabkan risiko kebakaran dan bahkan ledakan. Selain itu, kebocoran gas juga dapat menjadi masalah bagi kesehatan.

2. Api Tidak Menyala

Masalah ini menjadi masalah yang paling sering ditemukan oleh beberapa orang. Umumnya jika kompor gas susah untuk dinyalakan mungkin saja dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu : 

  • Jika bau gas tersebut muncul setelah penggantian tabung gas, maka masalah tersebut mungkin bisa saja muncul karena disebabkan oleh pemantik atau nozzle pada pada kompor yang kotor, karena terkena minyak, noda makanan, dan lain sebagainya.
  • Tekanan gas yang berbeda, jika Anda menggunakan tabung gas baru biasanya akan memiliki tekanan gas yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabung gas yang hampir habis, jadi jika tekanan gas terlalu tinggi, dapat menjadi pemicu dari masalah ini. 

3. Mengeluarkan Bunyi yang Berisik Ketika Kompor Dinyalakan

Apabila kompor gas mengeluarkan bunyi berisik ketika dinyalakan, ini menandakan adanya masalah yang perlu segera diatasi. Bunyi tersebut dapat mengindikasikan masalah pada regulator, klep gas, hingga sumber gas itu sendiri. Berikut adalah beberapa kemungkinan munculnya bunyi ketika kompor gas dinyalakan : 

  • Terlalu banyak gas atau udara yang mengalir ke kompor, ini dapat mengakibatkan suara kompor seperti mendesis yang tidak biasa. Banyaknya gas atau udara yang tidak seimbang tersebut dipengaruhi oleh sekrup pada tungku kompor yang terlalu besar atau sebaliknya.
  • Kotoran pada kompor dapat menumpuk di atas tungku, sehingga mengakibatkan suara ketika dinyalakan. Kebersihan kompor memang penting untuk selalu dijaga untuk tidak menimbulkan masalah tersebut.
  • Komponen pembakar atau penimbul api yang disebut burner rusak karena memuai secara terus menerus. Burner yang rusak tersebut dapat menimbulkan suara yang keras ketika kompor dinyalakan, bahkan suara yang dapat membuat Anda terkejut.

Cara Mengatasi Permasalahan pada Kompor Gas

Setelah mengetahui masalah-masalah yang sering muncul pada kompor gas, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi semua permasalahan tersebut. Jadi, simaklah ulasan berikut ini!

1. Periksa Regulator Gas

Rutin memeriksa regulator pada kompor gas menjadi salah satu tindakan yang penting dalam mengatasi permasalahan yang terjadi pada kompor gas. Dengan melakukan pemeriksaan regulator gas secara berkala, Anda dapat mendeteksi dan mengetahui apakah kompor gas Anda mengalami kebocoran gas atau tidak, memastikan regulator yang terpasang pada gas terpasang kencang atau tidak, membersihkan regulator dari kotoran yang mengganggu, memperhatikan tekanan gas yang sesuai, serta menjaga kondisi regulator agar tidak rusak. Dengan demikian melakukan perawatan berkala pada regulator akan menjadikan regulator pada kompor gas Anda bekerja dengan optimal serta meningkatkan keamanan penggunaan kompor gas pada rumah Anda. 

2. Periksa Sumber Gas

Pastikan tabung gas Anda memiliki cukup isi dan tidak jua periksa saluran tabung gas dan regulator kompor gas Anda agar tidak mengalami kebocoran atau kerusakan, pastikan juga ruangan yang terdapat kompor gas memiliki ventilasi yang baik. Dengan rutin memeriksa sumber gas pada kompor gas Anda, Anda dapat mencegah dan mengatasi masalah umum yang sering terjadi pada kompor gas.

3. Jaga Kebersihan dan Perawatan Rutin 

Menjaga kebersihan dan melakukan perawatan rutin pada kompor gas adalah hal yang penting dilakukan untuk mengatasi permasalahan kompor gas sejak dini. Langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan kebersihan dan perawatan kompor gas secara rutin adalah dengan membersihkan minyak dan sisa makanan yang masih menempel pada bagian kompor gas, memastikan lubang keluar api tidak tersumbat, serta merawat pemantik dan bagian-bagian lainnya. Selain itu lakukan juga perawatan lebih mendalam oleh teknisi kompor gas berlisensi untuk memastikan komponen utama pada kompor gas berfungsi dengan baik. 

 

Banyak dari Anda yang sering menghadapi masalah yang terjadi pada kompor gas Anda seperti yang sudah diulas diatas, Namun, Anda tidak perlu panik saat menghadapi masalah tersebut pasalnya terdapat beberapa cara mudah untuk menghadapi masalah tersebut, salah satu langkah penting adalah dengan menggunakan jasa service ariston Jakarta. Dengan menggunakan bantuan teknisi yang aman dan terpercaya, permasalahan kompor gas Anda dapat teridentifikasi dengan cepat dan diperbaiki secara profesional.