Furniture

Cara Mudah Membersihkan Sofa Kulit Yang Menghitam, Bisa Dilakukan Di Rumah!

Sofa adalah salah satu perabot yang paling banyak digunakan di rumah. Sofa menjadi pusat perhatian di ruang tamu atau ruang keluarga, baik digunakan untuk bersantai setelah seharian beraktivitas maupun berkumpul bersama keluarga dan teman.

Sofa bukan hanya tempat duduk yang nyaman, tetapi juga elemen dekoratif yang memberikan tampilan elegan pada ruangan. Salah satu jenis sofa yang populer yaitu sofa kulit. Keindahan dan daya tahan kulit menjadikannya pilihan yang menarik bagi banyak orang. Namun, sofa kulit yang sudah lama digunakan cenderung menimbulkan noda yang tidak diinginkan seiring berjalannya waktu, terutama sofa menjadi menghitam. Hal itu bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti penumpukkan debu.

Bagi Anda yang memiliki sofa kulit yang sudah menghitam dan ingin mengembalikan ke semula, maka simak pembahasan berikut ini mengenai apa saja faktor penyebabnya, cara mudah membersihkannya, hingga tips untuk merawatnya.

Faktor Penyebab Sofa Kulit Yang Menghitam

Ada beberapa faktor yang dapat membuat sofa menghitam dari waktu ke waktu, diantaranya sebagai berikut.

1. Penumpukan kotoran dan debu

Banyaknya kotoran dan debu pada permukaan sofa kulit lama kelamaan dapat menyebabkan perubahan warna dan membuatnya terlihat kusam. Partikel kecil ini dapat menempel di permukaan dan menembus pori-pori kulit, menyebabkan sofa menghitam secara bertahap.

2. Noda dan tumpahan

Noda dari minuman, makanan atau bahan lain yang jatuh di sofa kulit dan tidak segera dibersihkan dapat meninggalkan bekas dan merusak bahan kulit tersebut. Noda yang tidak dihilangkan dengan benar dapat menyebabkan perubahan warna dan menghitamnya area yang terkena.

3. Paparan sinar matahari

Sinar UV matahari dapat merusak bahan kulit dan mempercepat proses perubahan warna pada sofa kulit. Paparan sinar matahari langsung yang terlalu lama dapat menghilangkan kelembaban alami kulit, menyebabkan pengeringan, perubahan warna, dan menghitamnya permukaan sofa. 

4. Penggunaan bahan pembersih yang tidak benar

Menggunakan produk pembersih yang tidak tepat atau kasar pada sofa kulit dapat menyebabkan kerusakan dan perubahan warna. Beberapa produk pembersih mengandung bahan kimia keras yang dapat mengikis lapisan pelindung kulit dan menyebabkan perubahan warna sofa menjadi menghitam.

5. Kurangnya perawatan dan pemeliharaan

Agar sofa kulit tetap bersih dan indah, perlu perawatan rutin. Jika sofa kulit tidak dirawat dengan baik, seperti tidak dibersihkan secara teratur atau menggunakan produk perawatan yang tepat, lama kelamaan sofa akan berubah warna dan menjadi menghitam.

Cara Mudah Membersihkan Sofa Kulit Yang Menghitam

Simak pembahasan di bawah ini mengenai apa saja cara mudah yang bisa Anda lakukan secara mandiri untuk membersihkan sofa kulit yang sudah menghitam.

1. Dengan Larutan Air Sabun

Untuk membersihkan sofa yang menghitam dengan larutan air sabun dapat dilakukan dengan cara mencampurkan air hangat dengan sedikit sabun cair yang lembut, seperti sabun bayi atau sabun cuci piring ringan. Basahi kain bersih dengan larutan ini, lalu peras hingga lembab. Gosok perlahan permukaan sofa kulit dengan kain untuk menghilangkan noda dan kotoran.

2. Kegunaan Cuka Putih

Cara membersihkan sofa yang menghitam dengan cuka putih yaitu campurkan cuka putih dengan air dengan perbandingan 1:1. Bersihkan area yang menghitam dengan kain yang dibasahi larutan ini. Cuka putih dapat membantu menghilangkan kotoran dan mengembalikan kilau pada kulit sofa.

3. Menggunakan Soda Kue

Soda kue dapat digunakan untuk menghilangkan noda dari sofa kulit. Untuk cara penggunaanya yaitu dengan menaburkan baking soda pada bagian sofa kulit yang menghitam dan biarkan selama beberapa jam untuk menyerap kotoran. Lalu, bersihkan baking soda dengan sikat lembut dan lap dengan kain yang bersih.

4. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa membantu mengembalikan kelembutan dan kilau sofa kulit yang menghitam. Cara membersihkan sofa yang menghitam menggunakan minyak kelapa yaitu dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa pada permukaan sofa kulit dengan kain lembut, lalu gosok secara merata. Biarkan minyak kelapa meresap ke dalam kulit, setelah itu bersihkan dengan kain bersih. 

Solusi Pembersihan Sofa Kulit Secara Maksimal

Jika Anda sedang mencari solusi yang efektif untuk membersihkan sofa kulit yang menghitam, Cuci Sofa Sidoarjo by Vinsclean adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan layanan profesional yang disediakan oleh Vinsclean, Anda dapat mengembalikan keindahan dan kilau sofa kulit Anda. 

Cuci sofa sidoarjo by Vinsclean menawarkan layanan pembersihan sofa kulit yang efisien dan berkualitas dengan fokus utama pada hasil dan kepuasan pelanggan. Meski harga jasa yang ditawarkan sangat terjangkau, Vinsclean tetap menjunjung tinggi kualitas dan berusaha yang terbaik untuk memenuhi harapan pelanggan. 

Dengan menggunakan teknik pembersihan yang aman dan produk pembersih yang tepat, Vinsclean dapat membersihkan  sofa kulit yang menghitam yang disebabkan oleh noda dan kotoran secara optimal.