jualan
Bisnis

Cara Jualan Produk / Jasa di Internet

Era digital mengharuskan banyak pengusaha offline untuk memulai belajar memasarkan produknya via internet. Jika selama ini kamu hanya menjual produk dengan cara menunggu di satu lapak, maka dengan bantuan internet, kamu bisa punya banyak lapak dan toko hanya dengan satu email.

Ada beberapa media yang bisa kamu gunakan untuk menjajakan barang di internet. Yang paling murah, bahkan gratis adalah jualan via marketplace dan media sosial.

jualan

Jualan via marketplace dan media sosial punya kelebihan masing-masing. Jika kamu punya banyak produk, saran saya jualan di marketplace. Kalau cuma satu dua produk, cukup jualan di media sosial seperti facebook atau lewat instagram.

Untuk lebih jelasnya akan saya bahas 3 tempat / media dimana anda bisa memasarkan produk / jasa Anda.

Baca juga: Landing Page Bisa untuk Jualan Apa Saja?

Jualan online di Marketplace

Contoh marketplace di Indonesia adalah Shopee, tokopedia, bukalapak, dan lazada. Melalui 4 marketplace ini, kamu bisa membuka toko online di sana tanpa ada biaya alias gratis. Sampai kapan gratisnya ? Ya selama marketplace itu buka, selama itu juga tetap gratis.

Marketplace seperti shopee dan tokopedia itu cocok buat kamu yang punya banyak produk dalam berbagai jenis. Misalnya produk pertanian, produk rumah tangga atau produk perlengkapan bayi.

Yang jualan di shopee itu rata-rata memang mereka yang punya banyak stok, jadi pastikan stok produk selalu siap.

Jualan online di media sosial

Media sosial yang paling rame dan bisa untuk media berjualan ya facebook dan instagram. Yang baru saja rame yaitu jualan lewat tiktok. Saya kira 3 media ini cukup powerfull untuk berbisnis online karena ada fitur ads (bisa beriklan).

Jualan online di facebook ini cocok buat kamu yang punya sedikit produk. Misal ada produk bagus alat-alat rumah tangga.

Saat ini di facebook ada fitur bernama marketplace. Melalui fitur ini kamu bisa buat lapak dan upload produk sebanyak mungkin. Untuk transaksinya masih manual.. artinya facebook hanya sebatas membantu mempromosikan saja, beda dengan marketplace shopee yang memang sudah ada fitur transaksi jual belinya (fitur rekening bersama)

Jualan online dengan landing page

Landing page juga bisa disebut sebagai toko online, hanya saja lebih spesifik produk yang dijualnya. Umumnya setiap landing page hanya fokus ke produk-produk tertentu.

Untuk landingpage ini butuh modal lebih banyak ya karena butuh hosting dan domain untuk membuatnya.

Selain domain dan hosting, Anda juga harus membuat website di dalam hosting dan domain tersebut. Kalau Anda pengalaman dengan dunia IT, coba saja belajar buat website landing page menggunakan wordpress. Saat ini era teknologi tutorialnya cukup banyak di YouTube.

Tapi kalau Anda cukup awam, saran saya lebih baik terima jadi saja menggunakan jasa pembuatan landing page yang banyak tersedia di Internet. Salah satunya jasa dari landingspage.net.

Dengan menggunakan jasa profesional, paling tidak Anda tidak perlu pusing pikirin tentang konversi dari landing page Anda. Karena jasa dari landingspage.net sudah include jasa copywriting yang pastinya akan memastikan landing page anda memiliki konversi tinggi. Lebih jelasnya lebih baik tanya langsung admin dari landingspage.net disini (website resmi landingspage.net)

 

Kalau kamu bisa jualan dengan 3 cara di atas, kemungkinan besar produk yang kamu miliki bisa lebih maksimal dalam penjualannya.

Demikian informasi tentang cara jualan produk di internet, semoga bermanfaat.

Tags