Pendidikan

Bingung Mau Ambil Jurusan Apa? Simak Prospek Kerja Farmasi Berikut!

Bagi para calon mahasiswa yang berminat dengan dunia kesehatan ataupun kimia, tampaknya jurusan farmasi bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Jurusan ini menjadi salah satu yang paling diminati, maka dari itu, persaingannya juga cukup ketat, tergantung dari kampus mana yang Anda pilih.

Jurusan farmasi mempelajari tentang dunia kesehatan dan juga ilmu kimia. Jurusan ini juga menuntut mahasiswanya untuk paham dalam melaksanakan praktik. Hal ini dibuktikan dengan bagaimana cara mengonsumsi atau mengaplikasikan obat secara tepat.

Anda tertarik untuk berkuliah di Jurusan Farmasi? Berikut adalah prospek kerjanya.

Sektor Industri

Beberapa industri membutuhkan tenaga farmasi, sebagai contoh bidang R&D (Research and Development). Perusahaan membutuhkan jurusan farmasi pada industri mereka di antaranya adalah industri kimia, obat-obatan, makanan dan minuman, kosmetik, dan sebagainya.

Jurusan farmasi tersebut nantinya diharapkan dapat menentukan formulasi produk, teknik pemrosesan yang tepat, dan menjadi penentu pada suplai bahan produksi.

Lembaga pemerintahan

Lembaga pemerintah juga menyediakan prospek kerja farmasi. Sebagai contoh, lembaga dalam pemerintahan tersebut di antaranya adalah rumah sakit, puskesmas, dan laboratorium pemerintahan, ataupun kerja di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Anda bisa mendaftar kerja pada beberapa instansi milik pemerintah tersebut.

Lembaga swasta

Selain lembaga pemerintahan lembaga swasta juga bisa menjadi peluang bekerja bagi lulusan farmasi. Sama seperti lembaga pemerintahan, Anda akan dapat dengan mudah menemukan klinik, rumah sakit, atau apotek milik swasta yang membuka kesempatan bagi lulusan farmasi untuk mendaftar sesuai dengan formasi yang dibutuhkan.

Tenaga pendidikan

Jika Anda melanjutkan pendidikan pada jurusan farmasi, Anda tentu akan membuka peluang bagi diri Anda sendiri untuk mendaftar sebagai tenaga pendidikan bidang tersebut. Tidak perlu khawatir karena setiap bidang ilmu akan memiliki kesempatan untuk menjadi tenaga pendidikan, tidak terkecuali dengan bidang ilmu farmasi.

Tenaga pendidikan ini biasanya dibutuhkan pada suatu lembaga pendidikan, sekolah-sekolah, tempat kursus, kampus, ataupun universitas. Tenaga pengajar tersebut di antaranya adalah guru, dosen, ataupun tenaga penunjang pendidikan lainnya.

Pengusaha

Selanjutnya yang adalah menjadi pengusaha dalam bidang farmasi. Ini akan membuka peluang Anda menjadi jutawan bahkan milyuner jika Anda menekuni bidang usaha ini. Anda bisa memilih ingin menjadi membuka apotek, distributor obat-obatan, distributor bahan kimia, dan sebagainya.

Patuhi perizinan yang dibutuhkan dalam membuka usaha di bidang farmasi supaya usaha Anda legal di mata hukum.

Peneliti

Selanjutnya adalah prospek untuk menjadi peneliti pada perusahaan ataupun instansi. Tenaga peneliti dibutuhkan pada seluruh bidang sains. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mengembangkan karir Anda menjadi peneliti.

Peneliti dalam bidang farmasi akan melakukan riset tentang tanaman obat yang ada di Indonesia, fungsi, cara pengolahan, dan penggunaannya. Sebagai contoh, lembaga penelitian yang terkenal adalah LIPI.

Penyuluh kesehatan

Tenaga penyuluh kesehatan bisa dijadikan prospek kerja farmasi. Penyuluh kesehatan berfungsi menyebarkan edukasi kepada masyarakat tentang informasi kesehatan, gaya hidup sehat, dan penggunaan obat-obatan.

Penyuluh kesehatan di Indonesia berada di bawah Kementerian Kesehatan. Anda juga bisa mendaftar pada perusahaan-perusahaan tertentu yang menyediakan formasi untuk penyuluh kesehatan.

Sudah menemukan kampus yang tepat untuk melanjutkan pendidikan di bidang Farmasi? GoKampus menawarkan solusi bagi Anda yang bingung memilih kampus mana yang akan Anda daftar. Dengan menyediakan informasi yang berguna seputar dunia pendidikan, Anda bisa memasang aplikasi GoKampus pada Android Anda dan mengakses informasi seputar kampus dan pendaftarannya.

Tags
%d bloggers like this: