sabut kelapa
Pertanian

Berikut Ini Manfaat Sabut Kelapa untuk Tanaman Hias yang Menguntungkan

Manfaat sabut kelapa untuk tanaman hias tentu saja yang masih berhubungan dengan pertumbuhan tanaman hias itu sendiri. Sabut kelapa memang dikenal bisa dimanfaatkan lebih lanjut untuk kemudian baru diolah kembali dan diberikan sebagai sesuatu yang memberikan dampak baik pada tanaman.

Bagian bagian kelapa yang dasarnya alami ini memang memiliki kegunaan yang juga berguna untuk jenis tanaman alami juga. Entah itu untuk tanaman secara hijaunya atau juga tanaman pada bagian tanah yang ditumbuhinya. Sehingga bagi kamu yang mempunyai sabut kelapa lebih baik disimpan dan diolah kembali, jangan dibuang.

Dengan adanya manfaat yang diberikan tentu saja sabut kelapa ini perlu pengolahan lebih lanjut, karena rasanya tidak mungkin jika sabut kelapa mentah mentah langsung dijadikan sesuatu. Untuk itu bagi kamu yang mau tau lebih lanjut mengenai pengolahan atau bahkan manfaat sabut kelapa untuk tanaman hiasnya kamu bisa terus menyimak artikel ini ya! Silahkan disimak!

 

Sabut Kelapa

sabut kelapa

Sabut kelapa umumnya merupakan serat serat kasar dari buah kelapa yang ada untuk menyelimuti kelapa, atau biasa juga disebut dengan mesocarp. Sabut kelapa juga merupakan salah satu limbah yang dihasilkan dari pengkonsumsian buah kelapa. Yang mana sabut kelapa ini seringnya tidak diolah kembali atau dibiarkan begitu saja setelah orang orang mengambil kelapanya.

Namun sebenarnya sabut kelapa yang dianggap sebagai limbah tanpa manfaat ini bisa diolah menjadi sesuatu yang nantinya akan memperkuat dan memperindah tanaman, selain itu sabut kelapa juga bisa digunakan sebagai berbagai media tanam. Pengolahan tersebut bisa dimulai dengan penggunaan mesin sabut kelapa terlebih dahulu.

 

Tanaman Hias

tanaman hias

Definisi tanaman hias sebenarnya adalah suatu tanaman yang bisa digunakan untuk memperindah suatu tempat, dalam artian lain tanaman hias ini bisa digunakan sebagai media hiasan. Yang umumnya tanaman hias memiliki bunga cantik yang bisa tumbuh untuk mempercantik dirinya.

Biasanya tanaman hias ditanam di pekarangan rumah, atau bisa juga ditanam dalam pot. Karena ukuran dari tanaman hias umumnya tidak terlalu besar. Perawatan yang diberikan untuk tanaman hias juga tidak sesusah dan seribet tanaman pada umumnya. Karena kamu hanya perlu memberikan pupuk serta menyiram tanaman dengan teratur.

 

Manfaat Sabut Kelapa untuk Tanaman Hias

manfaat sabut kelapa untuk tanaman hias

Seperti apa yang tadi sudah disebutkan diatas bahwa manfaat sabut kelapa untuk tanaman hias tentu tidak akan jauh dari pertumbuhan tanaman hias itu sendiri. Kandungan yang dimiliki oleh sabut kelapa dinilai bisa untuk memenuhi kebutuhan yang memang dibutuhkan oleh tanaman hias. Untuk itu berikut ini merupakan bagian manfaat sabut kelapa untuk tanaman hias secara umum.

1. Sebagai Media Tanam

Manfaat yang pertama yaitu sebagai media tanam, karena dengan bagian yang ada pada sabut kelapa bisa serupa dengan jenis suatu media tanam khusus yang mana saat kamu menanam tanaman ini kamu perlu jenis media tanam yang memang diharuskan atau dikhususkan untuk tanaman tersebut karena habitatnya yang berbeda.

Dengan perbedaan itu, kamu bisa memanfaatkan sabut kelapa untuk menyelamatkan penanaman tanaman hiasmu supaya bisa tetap tumbuh. Salah satu tanaman yang memerlukan itu yaitu tanaman anggrek.

2. Cocopeat

Selanjutnya ada cocopeat yang mana bisa digunakan sebagai pengisi media tanam, atau bisa juga disebut sebagai suatu media yang digunakan untuk menanam suatu tanaman hias. Berbeda dengan media tanam yang disebutkan pada manfaat nomor satu, cocopeat ini perlu pengolahan lebih lanjut untuk pembuatannya.

Disini kamu harus mengurai sabut kelapa dulu, supaya serat serat yang ada pada sabut kelapa bisa teruai dan menghasilkan tampilan serat yang lembut. Karena dengan begitu media untuk penanamannya akan bisa lebih padat sehingga bisa memiliki persediaan air yang lebih, serta bisa dimasuki oleh oksigen dengan baik. Pengolahannya bisa menggunakan mesin pengurai sabut kelapa.

3. Sebagai Pupuk Organik

Sabut kelapa memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi sehingga jika diolah lebih lanjut untuk digunakan sebagai pupuk akan bisa memberi manfaat yang baik untuk tanaman hias. Pada pengolahannya sabut kelapa bisa menghasilkan pupuk abu sabut atau juga pupuk cair.

Dengan bisa dibuatnya 2 jenis pupuk tadi maka dalam pembuatannya juga memiliki tahapan pembuatan yang berbeda dan tentunya keduanya perlu melewati semua tahapan yang ada.

4. Menetralkan Kadar pH

Kadar pH dari media tanah sebuah tanaman merupakan hal yang penting, karena dengan kadar pH yang sesuai bisa menghasilkan tanaman hias yang lebih baik dan sehat. Sabut kelapa ini juga bisa dimanfaatkan sebagai hal yang menetralkan pH Serta untuk membantu penyimpanan unsur hara pada tanaman.

5. Meningkatkan Drainase Tanah

Kelembaban tanah untuk tanaman juga tak kalah pentingnya dengan keseimbangan kadar pH, sehingga jika tadi sudah dijelaskan bawah sabut kelapa bisa dimanfaatkan untuk menetralkan kadar pH tentu dengan kandungan yang ada juga bisa meningkatkan drainase tanah. Hal ini juga disebabkan karena penguraian sabut kelapa

Dengan sabut kelapa yang bisa terurai sendiri dengan perlahan, nantinya sabut kelapa akan membentuk sebuah kantong udara di tanah yang bisa membuat kelembaban dari atas mengalir sampai ke akar tanaman. Sehingga sabut kelapa itu akan membantu menyimpan cadangan air untuk akar supaya tanah tidak sepenuhnya kering.

 

Penutup

Dari manfaat sabut kelapa untuk tanaman hias tadi semuanya saling berkaitan, karena memang untuk tanaman kita harus bisa menjaga kadar yang ada didalamnya. Begitupun dengan kandungan kandungan yang ada. Terlebih lagi tanaman hias berfungsi untuk menghias atau mempercantik. Jadi pada perawatannya kamu harus bisa memperhatikan secara teliti. Semoga bermanfaat ya!