Kesehatan

Begini Terapi Syaraf Kejepit Paling Efektif

Cara terapi syaraf kejepit perlu diketahui agar nantinya kamu bisa menangani masalah seperti ini secara mandiri. Tanda umumnya terjadi bisa berupa nyeri punggung, kaki, leher, ataupun tangan setelah terjatuh ataupun melakukan kegiatan berat. Terkadang juga tidak sedikit yang merasakan kesemutan hingga kelemahan pada otot.

 

Terapi Syaraf Kejepit

Syaraf kejepit merupakan masalah yang tidak boleh diremehkan karena jika dibiarkan begitu saja selain menimbulkan rasa kurang nyaman juga sangat berbahaya. Terapi menjadi salah satu solusi terbaik yang bisa kamu lakukan. Namun usahakan berdasarkan anjuran ahli dalam bidangnya dan jangan sampai sembarangan. Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Fisioterapi

Syaraf kejepit dapat dipicu akibat melakukan aktivitas berat tanpa pemanasan terlebih dahulu atau salah gerakannya. Salah satu cara untuk mempercepat penyembuhannya adalah dengan fisioterapi. Lalu tindakan apa itu? Fisioterapi sendiri merupakan kegiatan medis yang bisa memelihara fungsi bagian-bagian tubuh.

Fungsi utama yang ditawarkan adalah membuat gerak tubuh menjadi lebih leluasa meski sebelumnya mengalami cedera serius. Penerapan kegiatan tersebut menggunakan dua cara yaitu secara manual dan memanfaatkan alat khusus. Bagi kamu yang baru mengenal fisioterapi, sangat disarankan melakukan kegiatan uini di bawah pengawasan tenaga ahli.

2. Terapi Obat

Obat menjadi salah satu produk wajib yang sering digunakan untuk mengatasi syaraf kejepit, namun untuk jenisnya sendiri tentu tidak sembarangan dan perlu resep dari dokter. Pastikan mengkonsumsi sesuai kadarnya dan jangan sampai overdosis karena tentu dapat membahayakan kesehatan jangka panjang bahkan sampai merenggut nyawa.

Terapi obat yang dimaksudkan bisa berupa suntikan atau pemberian analgesik dengan dosis sesuai kondisi pasien. Sebab cukup berbahaya karena melibatkan obat kimia yang perlu dikonsumsi sesuai dengan aturan pakai.

3. Stimulator KWD

Jenis terapi ini bisa dibilang ramah di kantong yang biasa disebut dengan TENS KWD (Transcutaneous Electrical Nerve Stimulator). Berdasarkan fungsi utamanya, Stimulator KWD memang dikhususkan untuk terapi syaraf kejepit sehingga bisa pulih dengan cepat dan dapat digunakan untuk aktifitas seperti biasanya.

Produk satu ini bekerja dengan mengeluarkan getaran-getaran untuk merangsang syaraf di dalam tubuh. Jika terdapat masalah, nantinya akan diperbaiki secara berkala. Agar proses penyembuhannya tidak memakan waktu terlalu lama maka kamu harus menjalankan terapi terkait secara rutin dengan tenggang waktu sesuai anjuran.

 

Demikian penjelasan terkait dengan pengobatan saraf kejepit yang bisa kamu praktekkan jika berada dalam kondisi demikian. Sebelum itu, alangkah lebih baiknya jika terlebih dahulu mengkonsultasikan langsung kepada para ahlinya.