kuburan casablanca
Berita

Bagaimana Jika TPU Casablanca Sudah Penuh?

Lahan makam di Jakarta sudah dalam kondisi krisis.

Sebenarnya, krisis lahan makam di Jakarta sudah bukan berita baru. Sejak beberapa tahun terakhir, sudah sering diberitakan bahwa secara keseluruhan TPU yang ada di ibu kota sudah nyaris penuh semua.

Selain Solusi dimakamkan di kuburan swasta seperti San diego hills, ada solusi lagi untuk warga jakarta. Karena memang masih terdapat beberapa TPU yang hingga kini masih memiliki lahan kosong walaupun sudah tidak banyak lagi. Salah satunya adalah TPU casablanca.

kuburan casablanca

TPU ini terletak di Jakarta Selatan, dan menjadi TPU yang terluas nomor dua di Jakarta Selatan. Salah satu alasan kuat mengapa TPU casablanca ini masih memiliki lahan kosong adalah soal total luas lahannya.

Ya, total area pemakaman di sini mencapai 20 hektar.

Walaupun demikian, TPU ini tentunya sudah dalam kondisi nyaris kritis atau sudah tidak lagi banyak lahan kosong. Mengingat TPU yang satu ini sudah berusia cukup tua dan sudah terus digunakan oleh warga Jakarta Selatan.

Hal ini semakin ditambah juga dengan sudah penuhnya beberapa TPU lainnya di Jakarta Selatan sehingga terus mengandalkan TPU yang besar dan memiliki lahan kosong seperti TPU Tanah Kusir dan Casablanca ini.

Jika berandai-andai hari ini TPU casablanca sudah dinyatakan penuh, lantas bagaimana nasib warga yang meninggal dunia?

TPU yang dikatakan penuh akan segera ditutup atau sudah tidak ada lagi aktivitas pemakaman. Di sisi lain, tidak mungkin warga yang meninggal dibiarkan begitu saja tanpa mendapatkan tempat peristirahatan terakhir.

Jika TPU yang satu ini penuh, setidaknya ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan warga kota Jakarta Selatan.

Apa sajakah?

Sistem Makam Tumpang

Seperti yang diterapkan di TPU lainnya, TPU casablanca juga bisa diterapkan sistem tumpang. Bagi Anda yang tidak tahu, sistem ini merupakan penambahan jenazah pada sebuah makam yang telah terisi.

Hal ini bisa terjadi dengan beberapa syarat, dan yang paling utama adalah soal keterikatan keluarga antara jenazah baru dan yang lama. Jika masih satu keluarga, sistem tumpang bisa dilakukan asalkan diketahui oleh pihak keluarga besar.

Cara ini memang bukan cara yang terbaik, namun sering dipilih warga mengingat lebih praktis dan akan menghemat biaya perizinan sewa lahan makam.

Alih Fungsi

Sama seperti sistem makam tumpang, namun bedanya tidak ada ikatan keluarga.

Ya, bisa juga diterapkan sistem tumpang makam walaupun tidak satu keluarga namun khusus untuk makam yang sudah kadaluarsa.

Jika keluarga tidak memperpanjang izin tanah pemakaman, maka makam tersebut bisa dialihfungsikan kepada orang lain dan boleh digunakan sebagai lahan pemakaman baru.

Cara ini memang sedikit tidak beretika dan terkesan kejam, namun itulah aturan yang berlaku dan akibat jika keluarga atau ahli waris tidak mempedulikan izin sewa makam.

Membawa ke TPU Lain

Masih sangat dimungkinkan adanya TPU lain yang bisa menerima jenazah baru. Misalnya TPU yang lebih besar yaitu TPU Tanah Kusir atau TPU yang sedikit lebih kecil yaitu Menteng Pulo Setia Budi.

Namun jika sama-sama sudah penuh, maka bisa dicari alternatif lainnya yaitu memakamkan jenazah di area pemakaman swasta. Di beberapa daerah terdapat area pemakaman yang dibuka untuk umum bahkan bisa juga memakamkan jenazah dari luar kota.

Namun, biaya sewa lahan makamnya biasa sangat mahal atau jelas lebih mahal dari TPU yang dikelola pemerintah. Walaupun, biasanya biaya mahal akan diikuti dengan fasilitas dan perawatan yang maksimal.

 

 

%d bloggers like this: