Komputer

Apa Saja Fungsi Finansial Pada Microsoft Excel Yang Sering Digunakan

Di Microsoft Excel, fungsi finansial menyediakan alat yang kuat untuk melakukan perhitungan terkait keuangan. Berikut adalah beberapa fungsi finansial yang dilansir dari mbobsid:

  1. FV (Nilai Masa Depan):
    • FV(rate, nper, pmt, [pv], [type]) digunakan untuk menghitung nilai masa depan suatu investasi. Parameter melibatkan tingkat suku bunga, jumlah periode, pembayaran per periode, nilai sekarang (opsional), dan jenis pembayaran (opsional).
  2. PV (Nilai Sekarang):
    • PV(rate, nper, pmt, [fv], [type]) digunakan untuk menghitung nilai sekarang suatu investasi. Parameter melibatkan tingkat suku bunga, jumlah periode, pembayaran per periode, nilai masa depan (opsional), dan jenis pembayaran (opsional).
  3. PMT (Pembayaran):
    • PMT(rate, nper, pv, [fv], [type]) menghitung pembayaran per periode pada suatu investasi. Parameter melibatkan tingkat suku bunga, jumlah periode, nilai sekarang, nilai masa depan (opsional), dan jenis pembayaran (opsional).
  4. RATE (Tingkat Suku Bunga):
    • RATE(nper, pmt, pv, [fv], [type], [guess]) digunakan untuk menghitung tingkat suku bunga per periode pada suatu investasi. Parameter melibatkan jumlah periode, pembayaran per periode, nilai sekarang, nilai masa depan (opsional), jenis pembayaran (opsional), dan perkiraan suku bunga (opsional).
  5. NPER (Jumlah Periode):
    • NPER(rate, pmt, pv, [fv], [type]) menghitung jumlah periode yang diperlukan untuk mencapai tujuan suatu investasi. Parameter melibatkan tingkat suku bunga, pembayaran per periode, nilai sekarang, nilai masa depan (opsional), dan jenis pembayaran (opsional).
  6. NPV (Nilai Present Value Bersih):
    • NPV(rate, value1, [value2], …) menghitung nilai present value bersih dari serangkaian aliran kas. Parameter melibatkan tingkat suku bunga dan nilai aliran kas pada periode tertentu.
  7. IRR (Internal Rate of Return):
    • IRR(values, [guess]) digunakan untuk menghitung tingkat pengembalian internal suatu investasi. Parameter melibatkan serangkaian nilai aliran kas dan perkiraan tingkat suku bunga (opsional).
  8. IRR (Internal Rate of Return):
    • IRR(values, [guess]) digunakan untuk menghitung tingkat pengembalian internal suatu investasi. Parameter melibatkan serangkaian nilai aliran kas dan perkiraan tingkat suku bunga (opsional).
  9. MIRR (Modified Internal Rate of Return):
    • MIRR(values, finance_rate, reinvest_rate) menghitung tingkat pengembalian internal yang dimodifikasi untuk serangkaian aliran kas dengan tingkat suku bunga pendanaan dan tingkat suku bunga reinvestasi yang berbeda.

Fungsi-fungsi finansial ini sangat membantu dalam analisis keuangan, perencanaan investasi, dan evaluasi proyek. Mereka memberikan pengguna Excel alat yang kuat untuk menghitung dan memahami implikasi finansial dari keputusan keuangan.