Pendidikan

6 Tips Belajar Matematika

Pelajaran matematika bagi kebanyakan siswa sekolah selalu dianggap sebagai pelajaran yang menyulitkan. Apalagi kalau bukan karena pemecahan soalnya yang kerap membuat pusing. Belum lagi rumus-rumus yang harus dipelajari juga sangat banyak, sehingga sering membuat siswa kebingungan mengaplikasikan rumus yang tepat.

Tanpa kamu sadari, perasaan tidak suka pada pelajaran matematika juga bisa membuatmu semakin susah mempelajari pelajaran satu ini. Oleh karenanya, mengubah mindset jika pelajaran matematika tidak sesulit yang dibayangkan itu sangat penting. Selain hal tersebut, masih ada banyak tips lainnya yang bisa kamu terapkan saat belajar matematika. Seluruh tipsnya dapat kamu simak di bawah ini.

Catat Rumus di Buku Khusus

Supaya membuat pembelajaran matematika lebih ringkas, lebih disarankan jika kamu menyiapkan catatan khusus yang memuat seluruh rumus matematika yang kamu pelajari. Usahakan pula menulis serapi mungkin, karena catatan yang rapi secara tak langsung akan mempengaruhi pola pikirmu. Berbeda dengan catatan yang tersusun semrawut, pastinya kamu akan malas bukan untuk membaca ulang catatanmu? Jadi, demi membangkitkan mood belajar, usahakan untuk membuat catatan yang rapi.

Pahami Penggunaan Rumus Bukan dihafal

Sebenarnya, tidak ada salahnya jika kamu menghafal rumus-rumus matematika yang diajarkan, tetapi jika kamu sekadar menghafal tanpa mengerti konsepnya, maka itu pun sama saja dan tak akan membantumu memahami pelajaran matematika itu sendiri. Cobalah untuk memahami dengan betul maksud dari rumus yang diajarkan. Lalu, terapkan dengan contoh-contoh soal yang ada.

Belajar dari yang Termudah

Salah satu kesalahan dari belajar matematika biasanya terjadi saat siswa lebih berfokus untuk belajar dari materi yang susah. Dalam hal ini, lebih baik jika kamu memulai mempelajari materi yang ada dimulai dari yang termudah. Jika materi yang termudah sudah bisa kamu pahami, maka berlanjut ke materi yang susah pun tak ada masalah.

Sering Mereview Hasil Ulangan

Jika mendapatkan hasil ulangan matematika, jangan dibiarkan begitu saja ya. Meskipun hasil ulanganmu tidak begitu memuaskan, jangan terlalu berkecil hati dan jadikan hasil ulangan sebagai pembelajaran untuk di review ulang. Mungkin ada beberapa soal yang tak dapat kamu jawab dengan benar, dan cari tahu apa kesalahan dari proses pengerjaannya. Dengan begitu, di waktu ulangan lain, kamu tidak akan melakukan kesalahan tersebut.

Rutin Latihan Soal

Tidak ada cara yang paling ampuh untuk membuatmu mahir dalam matematika selain rutin mengerjakan latihan soal. Latihan soal bisa didapatkan dari bank soal maupun dari situs-situs yang menyediakan materi sekaligus pembahasan soal. Bukan hanya dapat berlatih soal secara online, kamu juga dapat bertanya dan berdiskusi dengan pemberi materi di situs tersebut. Apalagi bahasa yang digunakan juga cukup ringan dan penjelasan dibuat seringkas mungkin, tapi tetap lengkap dan menyeluruh.

Diskusi dengan Guru dan Teman

Tidak hanya belajar materi maupun soal matematika secara online misalnya lewat tambahpinter, jangan sungkan-sungkan untuk mengajak guru atau temanmu berdiskusi di luar jam pelajaran. Terutama jika ada soal yang memang cukup membingungkan dan tak bisa kamu selesaikan sendiri. Berdiskusi memungkinkan kamu bertukar pikiran, sehingga baik kamu maupun temanmu dapat meluruskan pemahaman yang keliru terhadap sebuah materi atau soal.

Nah, itulah semua tips yang bisa kamu jajal supaya tak lagi kesusahan belajar matematika. Sesekali di saat kamu mampu menyelesaikan ulangan atau ujian yang sulit, serta mampu mencapai target yang kamu buat, berilah reward untuk diri sendiri. Dengan begitu, kamu akan lebih bersemangat untuk kembali belajar matematika.

Tags